PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VII MTS PSM TANEN

SHOFIATUZ ZAHROH, 12201193093 (2023) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VII MTS PSM TANEN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.PDF

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.PDF

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.PDF

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.PDF

Download (321kB) | Preview
[img] Text
Bab II.PDF
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text
Bab III.PDF
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text
Bab IV.PDF
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text
Bab V.PDF
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
Bab VI.PDF
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.PDF

Download (238kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII MTs PSM Tanen” ditulis oleh Shofiatuz Zahroh, NIM. 12201193093. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Muhammad Dwi Toriyono, S. Pd.I., M.Pd. Kata kunci: Media Audio Visual, Minat Belajar, Aqidah Akhlak. Media pembelajaran Audio Visual digunakan untuk menyampaikan dan menyalurkan pesan dari pendidik kepada peserta didik dengan melibatkan indera pendengaran dan penglihatan sekaligus dalam satu proses. Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar sangatlah penting, untuk mempermudah dalam menyampaikan materi secara menyeluruh serta tergambar dalam angan siswa. kurangnya penggunaan media pembelajaran yag digunakan oleh guru pada proses penyampaian materi dalam Pembelajaran ditakutkannya siswa jenuh dalam proses pembelajaran mengakibatkan kurang pahamnya terhadap materi. Untuk mengatasi permasalahan peserta didik dalam pembelajaran perlu penerapkan media pembelajaran yang bervariatif dan sesuai dengan materi untuk meningkatkan efektifan dan minat belajar peserta didik. Penelitian ini yaitu guna untuk menjelaskan pengaruh media audio visual terhadap minat belajar siswa pelajaran aqidah akhlak kelas VII MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung, dan berapa selisih perbedaan antara penggunaan media audio visual terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran serta seberapa besar pengaruh media audio visual dalam pelajaran aqidah akhlak terdahap minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu observasi, dokumentasi dan kuesioner/angket. Dengan teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji Reliabilitas, uji normalitas dan uji homogenitas adapun uji independent test untuk menguji hipotesis menggunakan Aplikasi SPSS 16.0 For Windows. Hasil penelitian setelah dilakukannya treatment diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 95 dengan nilai rata-rata kelas kontrol 55,75 dan selisih perbedaan 39,25, Dan Nilai effect size sebesar 8,309. Adapun uji Hipotesis dengan signifikansi 2- tailed sebesar 0,000 < 0,05 dan dilihat dari nilai

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193093 Shofiatuz zahroh
Date Deposited: 19 Sep 2023 06:39
Last Modified: 19 Sep 2023 06:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40257

Actions (login required)

View Item View Item