IMPLEMENTASI ILMU TAJWID TERHADAP KEMAMPUAN BACA AL-QUR’AN SISWA PADA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MI HIDAYATUTH THOLIBIN KARANGTALUN KALIDAWIR TULUNGAGUNG

SITI ROHMATUL UMAH, 12205193190 (2023) IMPLEMENTASI ILMU TAJWID TERHADAP KEMAMPUAN BACA AL-QUR’AN SISWA PADA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MI HIDAYATUTH THOLIBIN KARANGTALUN KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Ilmu Tajwid Terhadap Kemampuan Baca Al-Qur’an Siswa Pada Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Rohmatul Umah, NIM. 12205193190, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah yang dibimbing oleh Bapak Drs. H. Timbul, M.Pd.I Kata Kunci : Implementasi Ilmu Tajwid, Membaca Al-Qur’an, AlQur’an Hadits Penelitian ini merupakan upaya untuk mengimplementasikan pembelajaran tajwid dan kemampuan membaca Al-Qur’an dalam materi Al-Qur’an pada siswa di MI Hidayatuth Tholibin Kalidawir Tulungagung. Kemampuan membaca Al-Quran ialah keterampilan yang dapat melafadzkan huruf-huruf sesuai dengan ilmu tajwid, dan membaca Al-Quran harus dengan perlahan-lahan. Mengingat pentingnya kemampuan membaca Al-Quran maka di lembaga-lembaga pendidikan sudah diajarkan tentang membaca Al-Quran yang baik dan benar sesuai dengan kaidahkaidah ilmu tajwid yang di ajarkan oleh pendidik. karena masih banyak siswa yang mengalami kesulitan membaca Al-Qur’an terlebih lagi persoalan pembelajaran ilmu tajwid. Pembelajaran ilmu tajwid diharapkan bisa memahami dan menerapkan saat membaca Al-Qur’an, sehingga siswa bisa mempraktikannya membaca Al-Qur’an dengan fasih dan benar. Melihat hal tersebut, maka peneliti merasa ini penting untuk dilakukan penelitian tentang penerapan penggunaan Ilmu Tajwid pada pelajaran Al-Qur’an Hadist di MI Hidayatuth Tholibin. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pembelajaran ilmu tajwid pada siswa di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun Kalidawir Tulungagung, 2) Bagaimana penerapan ilmu tajwid pada mata pelajaran Al-Quran Hadits siswa di MI Hidayatuth Tholibin Kalidawir Tulunggung?, 3) Apa hambatan dalam mengimplementasikan ilmu Tajwid tajwid pada mata pelajaran Al-Quran Hadits siswa di MI Hidayatuth Tholibin Kalidawir Tulunggung? Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan apa-apa yang saat ini sedang berlangsung. Dengan kata lain penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk memperoleh informasi-informasi mengenai keadaan yang ada. Penelitian kali ini meneliti peserta didik dalam menerapakan Ilmu Tajwid pada pembiasaan kegiatan disekolah, Alasan pemilihan tempat pada penelitian ini adalah peneliti dapat ikut serta dalam proses pembelajaran dan kegiatan untuk mengamati peserta didik. Berdasarkan kajian pustaka dan hasil penelitian di lapangan, maka penelitian dapat menyimpulkan bahwa hasil penelitian tentang implementasi ilmu tajwid terhadap kemampuan baca Al-Qur’an siswa pada pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun Kalidawir Tulungagung dalam perencanaan, penerapan serta hambatan dan solusi dalam proses pembelajaran sesuai dengan materi yang diajarakan yaitu ilmu tajwid serta kemampuan dalam membaca Al-Qur’an. Hal ini dapat dilihat dari: 1) perencanaan yang dibuat dalam bentuk Rpp, Pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, Evaluasi yang dilakukan guru kepada siswa dengan melihat hasil penilaian, 2) Penerapan dalam implementasi ilmu tajwid kegika kegiatan pagi sebelum pembelajaran, kegiatan membaca yasin dan tahlil serta pada kegiatan extra MTQ dan Tahfidz, 3) Faktor penghambat dan solusi dari penelitian ini yakni ketika siswa masih sulit dalam menerima materi tajwid. Sehingga guru harus lebih extra dalam mengulang materinya kembali

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193190 Siti Rohmatul Umah
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:23
Last Modified: 18 Sep 2023 03:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40266

Actions (login required)

View Item View Item