UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMKN 1 BOYOLANGU PADA MASA PASCA PANDEMI

EKA AYU KRISNAWATI, 12201193013 (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMKN 1 BOYOLANGU PADA MASA PASCA PANDEMI. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (574kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (437kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X SMKN 1 Boyolangu pada Masa Pasca Pandemi” ditulis oleh Eka Ayu Krisnawati, NIM 12201193013, dengan Pembimbing Annas Ribab Sibilana, M.Pd.I Kata Kunci : Upaya, Guru Pendidikan Agama Islam, Minat Belajar Penelitian ini didasarkan pada fenomena berkurangnya minat belajar siswa kelas X di SMKN 1 Boyolangu terhadap mata pelajaran PAI. Berdasarkan pengamatan peneliti, minat belajar siswa saat ini lebih menurun daripada waktu awal masuk sekolah. Sehingga diperlukan upaya yang dapat dilakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa. Adapun fokus dari penelitian ini adalah (1) Bagimana kondisi minat belajar siswa kelas X SMKN 1 Boyolangu terhaadap pelajaran PAI pada masa pasca pandemi ? (2) Bagaimana metode atau cara yang dilakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas X SMKN 1 Boyolangu terhadap pelajaran PAI pada masa pasca pandemi (3) Apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung yang dialami oleh guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas X SMKN 1 Boyolangu pada masa pasca pandemi ? Penelitian ini adalah jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) wawancara, (2) observasi, (3) dokumentasi. Untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan trianggulasi data. Lokasi penelitian berada di SMKN 1 Boyolangu, Tulungagung. Subyek penelitiannya dengan melakukan wawancara terhadap kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, dan siswa kelas X di SMKN 1 Boyolangu Hasil dari penelitian ini yaitu (1) kondisi minat belajar siswa kelas kelas X SMKN 1 Boyolangu pada masa pasca pandemi tergolong baik, meskipun tingkat keantusiasannya berbeda antara setiap kelas ataupun antara satu siswa dengan siswa yang lainnya (2) metode atau cara yang dilakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas X SMKN 1 Boyolangu pada masa pasca pandemi yaitu dengan menggunakan metode belajar yang bervariasi, memberi motivasi, dan mempergunakan nilai serta tes secara bijaksana (3) faktor pendukung yang dialami oleh guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas X SMKN 1 Boyolangu pada masa pasca pandemi yaitu tersedianya sarpras yang memadai dan kualitas guru yang baik. Kemudian faktor penghambatnya yaitu kondisi kesehatan dan kesiapan belajar siswa yang belum maksimal, kurangnya kerjasama dengan orang tua, dan pengaruh dari lingkungan pergaulan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193013 EKA AYU KRISNAWATI
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:13
Last Modified: 18 Sep 2023 03:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40268

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item