UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM MELALUI PEMBIASAAN KEGIATAN KEAGAMAAN DI MAN 1 NGANJUK

MOCH. IRSYA MAULANA, 12201193184 (2023) UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM MELALUI PEMBIASAAN KEGIATAN KEAGAMAAN DI MAN 1 NGANJUK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

Maulana, Moch, Irsya. 12201193184, 2023. Skripsi dengan judul “Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Melalui Pembiasaan Kegiatan Keagamaan di MAN 1 Nganjuk”. Prodi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Di bombing oleh Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Islam (Nilai Ibadah dan Nilai Akhlak) Pendidikan agama islam adalah pendidikan yang bertujuan untuk menumbuhkan pola kepribadian manusia yang bulat melalui latihan kejiwaan, kecerdasan otak, penalaran, perasaan, dan indra. Pendidikan Agama dimaksudkan untuk membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Esa dan berakhlak mulia. Penanaman nilai-nilai ibadah, dan akhlak disini maksudnya menanamkan nilai-nilai agama menjadi bentuk pembiasaan kegiatan keagamaan yang ada disekolah. Dalam hal ini pendidikan agama islam tidak hanya tersampaikan sebagai sebuah materi saja, tetapi tersampaikan dalam sebuah nilai yang terbentuk dalam pembisaan. Di MAN 1 Nganjuk ini kegiatan penanaman nilai ibadah yang dilakukan yaitu guru melakukan penanaman melalui jamaah sholat dhuha, peringatan hari besar islam, sholat dzuhur berjamaah, dan istighosah. Sedangkan penanaman nilai akhlak yang dilakukan yaitu guru menerapkan kultur Islami 5S (senyum, sapa, salam, sopan, santun) dan melalui tilawatil quran diwaktu pagi. Kegiatan tersebut masih jarang diterapkan oleh sekolah-sekolah yang lainnya. Dari sini peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di MAN 1 Nganjuk ini. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus yang dikaji dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Nilai-nilai Ibadah Melalui Pembiasaan Kegiatan Keagamaan Kepada Siswa di MAN 1 Nganjuk? (2) Bagaimana Upaya Guru Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Nilai-nilai Akhlak Melalui Pembiasaan Kegiatan Keagamaan Kepada Siswa di MAN 1 Nganjuk? (3) Apa kendala yang dialami Guru Akidah Akhak dalam upaya menanamkan nilai�nilai Pendidikan Islam melalui pembiasaan kegiatan keagaman kepada siswa di MAN 1 Nganjuk? Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk Mendeskripsikan Upaya Guru Akidah Akhak dalam Menanamkan Nilai-Nilai Ibadah Melalui Pembiasaan Kegiatan Keagaman kepada Siswa di MAN 1 Nganjuk. (2) Untuk Mendeskripsikan Upaya Guru Akidah Akhak dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak Melalui Pembiasaan Kegiatan Keagaman kepada Siswa di MAN 1 Nganjuk. (3) Untuk Mendeskripsikan Kendala Yang dialami Guru Akidah Akhak dalam Upaya Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Melalui Pembiasaan Kegiatan Keagaman kepada Siswa di MAN 1 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis data deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kualitatif. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan teori Miles dan Huberman dengan alur reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verivikasi. Untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi. Adapun kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu mengenai penanaman nilai-nilai ibadah melalui pembiasaaan kegiatan keagamaan diantaranya xvi yaitu mengadakan sholat dhuha berjama’ah, memperingati hari besar islam, sholat dzuhur berjamaah, dan istighosah. Sedangkan mengenai penanaman nilai-nilai akhlak melalui kegiatan keagamaan diantaranya yaitu dengan menerapkan kultur Islami 5S (senyum, sapa, salam, sopan, santun) dan melalui tilawatil quran diwaktu pagi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12212193029 FARA RIZKY ANANDA PUTRI
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:24
Last Modified: 18 Sep 2023 07:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40284

Actions (login required)

View Item View Item