QILMI USTA KHOIRI, 12201193141 (2023) IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SECARA TARTIL DI MADRASAH TSANAWIYAH ALANWAR PLOSO PACITAN. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an secara Tartil di MTs Al-Anwar Ploso Pacitan” ini ditulis oleh Qilmi Usta Khoiri, NIM. 12201193141, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Pembimbing: Dr. Hj. Luk-luk Nur Mufidah, M.Pd. I Kata Kunci: Tajwid, Makhraj, Fashohah. Aktivitas pembelajaran membaca atau menuturkan al-Qur’an boleh dijalankan melalui bermacam-macam metode atau teknik pembelajaran untuk membangun situasi pembelajaran yang sanggup memikat kegemaran buah hati atau anak-anak demi menekuni al-Qur’an. Salah satu metode atau teknik pembelajaran alQur’an yang terbilang trendi (baru) serta t erbilang berhasil di dalam pembelajaran alQur’an (khususnya) yaitu metode An-Nahdliyah. Keunikan dari metode ini adalah menggunakan ketukan, agar bacaan santri yang mengaji Al-Qur’an sesuai dengan ilmu Tajwid. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana Implementasi Metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an secara Tartil dari sisi Tajwid di MTs AlAnwar Ploso Pacitan? (2) Bagaimana Implementasi Metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an secara Tartil dari sisi Makhraj di MTs Al-Anwar Ploso Pacitan? (3) Bagaimana Implementasi Metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca AlQur'an secara Tartil dari sisi Fashohah di Mts Al-Anwar Ploso Pacitan? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian berada di MTs Al-Anwar Ploso Pacitan. Sumber data penelitian didapat melalui sumber primer yakni melalui observasi dan wawancara dengan kepala madrasah, guru dan anak usia dini. Sumber skunder menggunakan dokumentasi yang diperoleh dari lembaga madrasah. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pembeljaran tajwid ini di awali dengan doa belajar nawaitut ta’aluma dilanjutkan dengan membaca surah AlFatihah bersama-sama dilanjutkan deres bareng, kemudian guru membacakan dan santri menirukan, setelah itu setoran kedepan dan di akhiri dengan membaca doa Allahhumar hamnabil Qur’an. (2) Untuk penguasaan makhraj ada sebagian siswa yang belum tahu tata cara membaca huruf yang baik dan benar, sehingga guru pembimbing mengatasinya dengan menyuruh siswa membaca berulang-ulang, dan apabila ada siswa yang belum bisa sama sekali maka disarankan untuk mengaji di pondok. (3) Pada waktu pembelajaran fashohah berlangsung dimulai dengan membaca doa setelah itu membaca surat-surat pendek. Selanjutnya strategi klasikal yaitu pembacaan jilid dari awal samapai selesai yang di lakukan di dalam kelas oleh guru, kemudian murid menirukan apa yang telah di ucapkan guru.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 Qilmi Usta Khoiri Qilmi Usta Khoiri |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 08:36 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 08:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40302 |
Actions (login required)
View Item |