PENYELESAIAN PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA PRODUK MURABAHAH DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN RISIKO (Studi Kasus BMT Muamalah Tulungagung dan BMT Istiqomah Tulungagung)

VIVI OKTAFIANA, 12401193135 (2023) PENYELESAIAN PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA PRODUK MURABAHAH DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN RISIKO (Studi Kasus BMT Muamalah Tulungagung dan BMT Istiqomah Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (701kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (479kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh setiap kegiatan terutama yang berkaitan dengan lembaga keuangan pastinya tidak terlepas dari risiko. Risiko apabila dibiarkan akan menyebabkan kerugian yang cukup besar pada lembaga keuangan. Penyebab dari munculnya risiko yaitu karena adanya pembiayaan macet/bermasalah. Begitu juga di BMT Muamalah Tulungagung dan BMT Istiqomah Tulungagung pembiayaan murabahah selalu mengalami peningkatan jumlah anggota setiap tahunnya. Semakin banyak pembiayaan yang diberikan maka semakin besar pula risiko yang akan dihadapi oleh kedua BMT tersebut. Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu (1) Mengapa terjadi pembiayaan bermasalah pada produk murabahah di BMT Muamalah Tulungagung dan BMT Istiqomah Tulungagung? (2) Bagaimana kebijakan yang dilakukan oleh BMT Muamalah Tulungagung dan BMT Istiqomah Tulungagung jika terjadi pembiayaan bermasalah pada produk murabahah? (3) Bagaimana penyelesaian pembiayaan bermaslaah pada produk murabahah dalam perspektif manajemen risiko di BMT Muamalah Tulungagung dan BMT Istiqomah Tulungagung? Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Penyebab pembiayaan bermasalah pada produk murabahah di BMT Muamalah Tulungagung dan BMT Istiqomah Tulungagung yaitu dari faktor eksternal karena adanya unsur kesengajaan dan ketidaksengajaan. (2) Kebijakan yang dilakukan oleh kedua BMT tersebut jika terjadi pembiayaan bermasalah pada produk murabahah yaitu dengan upaya restrukturisasi. (3) penyelesaian pembiayaan bermasalah pada produk murabahah dalam perspektif manajemen risiko yaitu dengan identifikasi risiko, pengukuran risiko, pemantauan risiko, dan pengendalian risiko. Kata kunci: Manajemen Risiko, Pembiayaan Bermasalah, Pembiayaan Murabahah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401193135 VIVI OKTAFIANA
Date Deposited: 19 Sep 2023 02:30
Last Modified: 19 Sep 2023 02:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40304

Actions (login required)

View Item View Item