STRATEGI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK PESERTA DIDIK (Studi Multi Kasus di MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan dan MIN Rejotangan Tulungagung)

muhammad syaifullah, 175514022 (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK PESERTA DIDIK (Studi Multi Kasus di MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan dan MIN Rejotangan Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
1.Cover Awal.pdf

Download (841kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.BAB I Konteks Penelitian.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.BAB II Kajian Pustaka.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.BAB III Metode Penelitian.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.BAB IV Hasil Penelitian.pdf

Download (872kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.BAB V Pembahasan.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.BAB VI Penutup.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Rujukan.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis yang berjudul “Strategi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 5 Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Peserta Didik (Studi Multi Kasus MI Roudlotut Tholibin Banjarejo dan MIN Rejotangan)” ini ditulis oleh Muhammad Syaifullah dibimbing oleh Dr. Muniri,M.Pd dan Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, IPA , Prestasi Akademik. Pembelajaran IPA yang merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting dan merupakan mata pelajaran yang sangat erat dan dekat dengan kehidupan manusia khususnya anak-anak MI/SD. Mata pelajaran IPA yang diajarkan di MI/SD merupakan suatu mata pelajaran yang berisikan tentang alam, makhluk hidup, tata surya, dan juga mencakup peristiwa-peristiwa yang terjadi di bumi. Materi pelajaran yang sangat luas dan beragam tersebut tidak cukup dipelajari dengan hanya ceramah, guru menjelaskan peserta didik mendengarkan. Melainkan membutuhkan suatu strategi pembelajaran untuk membantu peserta didik memahami materi tersebut, melalui kegiatan mengamati, mempraktekkan, menganalisis dan lain sebagainya. Namun saat ini tidak banyak guru yang menerapkan strategi pembelajaran dalam menjelaskan materi IPA dan hal ini menjadi latar belakang penelitian yang dilakukan penulis. Fokus dan pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan strategi pembelajaran yang dilakukan guru IPA di kelas 5 MI Roudlotut Tholibin Banjarejo dan MIN Rejotangan dalam meningkatkan prestasi akademik peserta didik?; (2) Bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran yang dilakukan guru IPA di kelas 5 MI Roudlotut Tholibin dan MIN Rejotangan dalam meningkatkan prestasi akademik peserta didik ?; (3) Bagaimana evaluasi strategi pembelajaran yang dilakukan guru IPA di kelas 5 MI Roudlotut Tholibin dan MIN Rejotangan dalam meningkatkan prestasi akademik peserta didik ?. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian studi multikasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif dimana peneliti berkedudukan sebagai instrumen kunci. Tehnik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada sumber data primer yaitu guru IPA kelas 5 dan peserta didik kelas 5 dan juga kepada data sekunder yaitu kepala Madrasah dan rekan guru tentang proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi strategi pembelajaran guru IPA kelas 5. xviii Observasi dilakukan dengan mengamati kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi strategi pembelajaran guru IPA kelas 5. Sedangkan dokumentasi dilakukan dengan mengambil dokumen dan data berupa gambar. Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan strategi yang dilakukan di oleh guru IPA kelas 5 di MI Roudlotut Tholibin Banjarejo maupun di MIN Rejotangan meliputi penyiapan seperangkat pembelajaran yaitu berupa penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), materi pelajaran baik buku paket maupun buku modul pribadi, pemilihan strategi dan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi ajar serta menyiapkan alat bantu pembelajaran yang berupa media pembelajaran baik asli maupun buatan, di kedua sekolah melakukan perencanaan secara sistematis; (2) Pelaksanaan pembelajaran kedua lembaga pendidikan tersebut melakukan proses pembelajaran IPA dengan baik, di MI Roudlotut Tholibin Banjarejo suasana kelas agak ramai sedangkan di MIN Rejotangan suasana kelas kondusif karena guru menilai perilaku peserta didik, di MI Roudlotut Tholibin Banjarejo menerapkan Strategi Inquiry sedangkan di MIN Rejotangan menerapkan strategi Contextual Teaching and Learning, di kedua sekolah proses pembelajaran dipadukan dengan demonstrasi, diskusi, dan presentasi.; (3) Evaluasi penerapan strategi pembelajaran memiliki beberapa persamaan, di MI Roudlotut Tholibin Banjarejo dan MIN Rejotangan Guru IPA Kelas 5 menerapkan evaluasi dengan cara meninjau kembali metode maupun strategi yang digunakan. Dari hasil evaluasi tersebut guru dapat mengetahui apakah strategi pembelajaran yang telah digunakan berhasil atau tidak dalam meningkatan prestasi akademik peserta didik pada mata pelajaran IPA dan guru dapat memilih strategi pembelajaran yang bisa digunakan dalam pembelajaran selanjutnya. xix ABSTRACT Thesis with the title "Learning Strategies of Natural Sciences (IPA) in Improving Academic Achievement of Students Class 5 (Multi-Case Study In MI Roudlotut Tholibin Banjarejo and MIN Rejotangan)" is written by Muhammad Syaifullah guided by Dr. Muniri, M.Pd dan Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag Keywords: Learning Strategies, IPA, Learning Achievement . Learning science which is one of the subjects that are very important and is a subject very close and close to human life, especially the children children in Elementary School/ Islamic Elementary School (SD/MI). Science subjects taught in MI / SD is a subject that contains natural, living things, the solar system, and also includes events that occur on earth. The subject matter is so broad and diverse that not enough is learned by simply lecture, the teacher explains the learners listen. But requires a learning strategies to help students understand the material, through observing, practicing, analyzing and others. But this time not many teachers implement instructional strategies in science explain the material and this becomes the background research by the author. The focus and research questions in this thesis are: ( 1 ) How the strategic planning of learning undertaken in the 5th grade science teacher MI Roudlotut Tholibin and MIN Rejotangan in improving students' academic achievement ?; ( 2 ) How is the implementation of learning strategies that do a science teacher in the 5th grade MI Roudlotut Tholibin and MIN Rejotangan in improving students' academic achievement ?; ( 3 ) How evaluate learning strategies that do a science teacher in the 5th grade MI Roudlotut Tholibin and MIN Rejotangan in improving students' academic achievement?. This research was conducted using multicase study design using qualitative approach where the researcher serves as a key instrument. Data collection techniques include interviews, observation and documentation. Interviews were conducted to the primary data source 5th grade science teachers and learners in grade 5 and also to the headmaster an other teacher as secondary data about the planning, implementation and evaluation of learning strategies 5th grade science teacher observations were made by observing the activities of planning, implementation and evaluation of learning strategies science teacher grade 5. While the documentation is done by taking documents and data such as pictures. xx The results of this study are: (1) planning strategy undertaken in the science teacher grade 5 in MI Roudlotut Tholibin Banjarejo and in MIN Rejotangan includes the preparation of a set of learning in the form of preparation Learning Implementation Plan (RPP), the subject matter both textbooks and books modules personal , election strategies and methods of learning appropriate teaching materials and preparing teaching aids in the form of instructional media either natural or artificial, in both schools to plan systematically; (2) The implementation of learning both the educational institutions make the process of learning science well, in MI Roudlotut Tholibin Banjarejo class atmosphere rather crowded while in MIN Rejotangan classroom atmosphere conducive for teachers to assess the behavior of learners, in MI Roudlotut Tholibin Banjarejo implement the strategy Inquiry while in MIN Rejotangan implement strategies Contextual teaching and learning, in both schools learning process combined with demonstrations, discussions, and presentations.; (3) Evaluation of learning strategy has some similarities, in MI Roudlotut Tholibin Banjarejo and MIN Rejotangan 5th grade science teacher evaluation apply by way of reviewing the methods and strategies used. From the results of the evaluation of teachers can determine whether the learning strategies that have been used successfully or not in improving the academic achievement of students in science subjects and teachers can select learning strategies that can be used in further learning.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 175514022 Muhammadsyaifullah
Date Deposited: 02 Nov 2016 08:27
Last Modified: 02 Nov 2016 08:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4031

Actions (login required)

View Item View Item