SHINTYA ADELIA SALSABILA, 12204193089 (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI STATISTIKA DI MTs HIDAYATUS SHOLIHIN GURAH KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (883kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (492kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (635kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (845kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (956kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (235kB) |
Abstract
ABSTRAK Shintya Adelia Salsabila, 12204193089, 2023 “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Statistika di MTs Hidayatus Sholihin Gurah Kediri”. Pembimbing: Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Student Facilitator and Explaining, Minat Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar siswa. Siswa cenderung berbicara sendiri dan tidak memperhatikan penjelasan dari guru ketika guru mengajar. Tak jarang banyak siswa juga yang memperoleh nilai rendah. Oleh karena itu peneliti beranggapan bahwa digunakannya model pembelajaran baru diharapkan mampu meningkatkan minat belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam hal ini peneliti untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi statistika di MTs Hidayatus Sholihin Gurah Kediri. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi statistika kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Hidayatus Sholihin Gurah Kediri 2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap minat belajar siswa pada materi statistika kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Hidayatus Sholihin Gurah Kediri 3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar siswa pada materi statistika kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Hidayatus Sholihin Gurah Kediri. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Hidayatus Sholihin Gurah Kediri. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling, dimana teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Kriteria kelas yang akan digunakan sebagai sampel pada penelitian ini adalah kelas yang diajar oleh guru yang sama serta memiliki minat belajar dan hasil belajar yang setara. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji manova yang sebelumnya sudah dilakukan uji coba instrumen yaitu uji validitas dan reliabilitas dan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi statistika di Madrasah Tsanawiyah Hidayatus Sholihin Gurah Kediri yang ditunjukkan dari nilai Sig.(2-tailed) ≤ nilai probability yaitu 0.000 ≤ 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi statistika di Madrasah Tsanawiyah Hidayatus Sholihin Gurah Kediri. 2) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap minat belajar siswa kelas VIII pada materi statistika di Madrasah Tsanawiyah Hidayatus Sholihin Gurah Kediri yang ditunjukkan dari nilai Sig.(2-tailed) 0.000 ≤ 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. 3) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi statistika di Madrasah Tsanawiyah Hidayatus Sholihin Gurah Kediri yang ditunjukkan dari nilai Sig.(2-tailed) 0.000 ≤ 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Matematika Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan Pendidikan Islam Matematika > Statistika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1 Bismillah |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 03:24 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 03:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40314 |
Actions (login required)
View Item |