DIAN OCTAVIANI, 12201193026 (2023) PENGARUH METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 KALIDAWIR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (765kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (182kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Numbered Head Together (NHT) Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Kalidawir” ini ditulis oleh Dian Octaviani, NIM. 12201193026, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: H. Abdullah Chakim, S. Ag., M. Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Hal ini harus diatasi dengan pemilihan metode pembelajaran yang tepat agar permasalahan dalam pembelajaran dapat diatasi. Numbered Head Together (NHT) atau penomoran berfikir bersama yaitu jenis pembelajaran kooperatif yang menyenangkan dan dapat memotivasi peserta didik untuk aktif saat diterapkan di kelas. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah Adakah Pengaruh Metode Numbered Head Together (NHT) Pada Pembelajaran PAI Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 2 Kalidawir?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah ada tidaknya pengaruh metode Numbered Head Together (NHT) pada pembelajaran PAI terhadap keaktifan belajar peserta didik di SMP Negeri 2 Kalidawir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yaitu true eksperimental design dengan bentuk post-test only control design. Penelitian ini melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian menggunaka dua variabel, yaitu variabel independent berupa metode Numbered Head Together (NHT) dan variabel dependen berupa keaktifan belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Kalidawir. Sampel yang digunakan berjumlah 52 peserta didik yaitu kelas VII A 27 peserta didik dan VII B 25 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan peneliti adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket keaktifan belajar peserta didik. Analisis data pada penelitian ini terdiri dari uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T-Test. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Kalidawir. Nilai t hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai t tabel dan nilai signifikansi kurang dari 0,05. Nilai t hitung berdasarkan uji T-Test diperoleh sebesar 2,367 > 1,675 dan nilai signifikansi sebesar 0,022 < 0,05. dengan demikian, Ha diterima dan H0 ditolak. Kata kunci : Keaktifan Belajar, Metode Numbered Head Together, Pembelajaran
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1313030080 OK PRINT |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 03:17 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 03:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40321 |
Actions (login required)
View Item |