MOH IHSAN SOVAL MUBAROK, 12209193045 (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE MATERI SEJARAH KELAS VIII SMP TERPADU ABUL FAIDL WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (8MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (8MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (8MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Materi Sejarah Kelas VIII SMP Terpadu Abul Faidl Wonodadi Blitar” skripsi ini ditulis oleh Moh Ihsan Soval Mubarok, NIM. 12209193045, dosen pembimbing Drs. H Jani, MM., M.Pd. Kata Kunci: Model pembelajaran, picture and picture, materi sejarah Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh proses belajar mengajar masih terpusat pada guru, dan siswa cenderung pasif. Kondisi belajar yang kurang kondusif seperti siswa melamun, siswa masih kurang aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu digunakan model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Rumusan masalah dalam skipsi ini adalah (1) Bagaimana langkah-langkah penerapan model pembelajaran picture and picture materi sejarah siswa kelas VIII SMP Terpadu Abul Faidl Wonodadi Blitar, (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan model pembelajaran picture and picture materi sejarah siswa kelas VIII SMP Terpadu Abul Faidl Wonodadi Blitar (3) Apa Dampak dari penerapan model pembelajaran picture and picture materi sejarah siswa kelas VIII SMP Terpadu Abul Faidl Wonodadi Blitar Adapun tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui langkah-langkah penerapan model pembelajaran picture and picture materisejarah siswa kelas VIII SMP Terpadu Abul Faidl Wonodadi Blitar (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan model pembelajaran picture and picture materi sejarah siswa kelas VIII SMP Terpadu Abul Faidl Wonodadi Blitar (3) untuk mengetahui Dampak dari penerapan model pembelajaran picture and picture materi sejarah siswa kelas VIII SMP Terpadu Abul Faidl Wonodadi Blitar Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi untuk dianalisis secara induktif. Adapun hasil penelitian; (1) Langkah model pembelajaran picture and picture dalam penelitian ini yaitu, menyampaikan kopetensi yang dicapai, Menyajikan materi sebagai pengantar, peneliti memperlihatkan gambar-gambar kegiatan yang berkaitan dengan materi. Peneliti memanggil siswa bergantian menyusun gambar menjadi urutan yang logis. Peneliti menanyakan alasan pengurutan gambar. peneliti menanamkan konsep sesuai kopetensi yang dicapai, Kesimpulan, rangkuman dan penutup. (2) Faktor pendukung hanya membutuhkan media cetak gambar dan perekatnya. faktor penghambat sulit mencari kualitas gambar yang sesuai. (3) Dampak positif melatih daya nalar dan ingatan siswa sehingga meningkatkan hasil belajar siswa. dampak negatif model pembelajaran yaitu, butuh waktu yang lama dalam menyiapkan gambar, menambah biaya pengeluaran, sulit menemukan gambar yang sesuai dan bagus.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209193045 MOH IHSAN SOVAL MUBAROK |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 08:32 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 08:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40335 |
Actions (login required)
View Item |