PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MENGGUNAKAN MEDIA FUN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS VIII UPT SMP NEGERI 3 SRENGAT

RIZQI ANGGUN KHARISMA, 12209193089 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MENGGUNAKAN MEDIA FUN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS VIII UPT SMP NEGERI 3 SRENGAT. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (885kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Menggunakan Media Fun Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas VIII UPT SMP Negeri 3 Srengat” ini ditulis oleh Rizqi Anggun Kharisma, NIM 12209193089, pembimbing Nur Isroatul Khusna, M.Pd. Kata kunci : Contextual Teaching and Learning (CTL), fun mind mapping, hasil belajar. Penelitian ini berlatang belakang pada permasalahan dalam kegiatan belajar mengajar di UPT SMP Negeri 3 Srengat berdasarkan hasil pengamatan yang ditemukan saat observasi awal. Penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran yang kurang bervariatif cenderung membuat siswa bosan saat mengikuti kegiatan pembelajaran. hal tersebut dapat mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Salah satunya yaitu penggunaan model pembelajaran yang sering diterapkan adalah dengan menggunakan metode ceramah Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) menggunakan media Fun Mind Mapping terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan prikomotorik siswa,. Dari tiga rumusan masalah tersebut, maka tujuan penulis adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) menggunakan media Fun Mind Mapping terhadap hasil belajar kognitif yang meliputi mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta, afektif yang meliputi menerima, merespon, menghargai, mengorganisasikan, dan karakterisasi menurut nilai, serta psikomotorik yang meliputi menirukan, memanipulasi, ketepatan, artikulasi, dan pengalamiahan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII UPT SMP Negeri 3 Srengat yang berjumlah 186 siswa. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII C dan VIII F dimana jumlah 60 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes dan angket. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa. Sedangkan angket digunakan untuk mengukur hasil belajar afektif dan psikomotorik siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen data dengan uji validitas dan uji reliabilitas, uji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji-t test. Hasil penelitian menunjukkan: secara parsial adanya pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) menggunakan media Fun Mind Mapping terhadap hasil belajar kognitif yang meliputi mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta, afektif yang meliputi menerima merespon, menghargai, mengorganisasikan, dan karakterisasi menurut nilai, serta psikomotorik yang meliputi menirukan, memanipulasi, ketepatan, artikulasi, dan pengalamiahan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis data dengan berbantuan SPSS 22 for windows pada aspek kognitif 0,017 < 0,05, aspek afektif 0,046 < 0,05, dan aspek psikomotorik 0,048 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193089 Rizqi Anggun Kharisma
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:12
Last Modified: 20 Sep 2023 03:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40380

Actions (login required)

View Item View Item