STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MAN 1 BLITAR

IRA AFIDATUL AFIFAH, 12201183303 (2023) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MAN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul ‘’Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik di MAN 1 Blitar’’ ini ditulis oleh Ira Afidatul Afifah, Nim 12201183303. Prodi Pendidikan Agama Islam, Falkultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dr.H.Abd Aziz,M.Pd.I Kata Kunci: Strategi, Guru Akidah Akhlak, Karakter Latar Belakang Masala: Guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan karakter peserta didik di MAN 1 Blitar. Karakter yang diteliti yaitu disiplin, jujur dan tanggung jawab. Karakter ini sendiri memiliki tujuan siswa memiliki karakter-karakter tersebut sehingga menjadi manusia yang terbiasa untuk disiplin, jujur dan tanggung jawab dimanapun berada. Adapun yang menjadi Rumusan Masalah Peneliti adalah: (1) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan karakter disiplin peserta didik ? (2) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan karakter jujur peserta didik ? (3) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan karakter tanggung jawab peserta didik ? Adapun yang menjadi tujuan peneliti ini adalah: (1) Untuk mendiskripsikan strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan karakter Disiplin peserta didik di MAN 1 Blitar ? (2) Untuk mendiskripsikan strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan karakter Jujur peserta didik di MAN 1 Blitar ? (3) Untuk mendiskripsikan strategi guru aidah akhlak dalam meningkatkan karakter Tanggung jawab peserta didik di MAN 1 Blitar ? Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis peneliti n deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis dataa menggunakan reduksi data, penyajan data, dan penarik kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat. Hasil peneliti: (1) Karakter disiplin peserta didik selalu ditanamkan dan dibina oleh guru baik itu pada jam belajar maupun pada jam diluar belajar. Dikarenakan karakter disiplin sangat penting sekali diberikan kepada peserta didik di masa perkembaganya beranjak dewasa. Sebelum memberikan disiplin pada peserta didik guru terlebih dahulu yang harus mencontohkanya seperti datang tepat waktu, ikut serta dalam upacara bendera dan sebagainya. (2) Proses jujur peserta didik dapat dilakukan melalui pembiasaan sikap jujur secara terus-menerus. Dengan adanya pembiasan ini dapat digunakan memperbaiki. Peserta didik sehingga tumbuh kesadaran dalam diri peserta didik untuk peduli dan jujur baik ucapan maupun perbuatan. (3) Guru dalam tanggung jawab pada peserta didik di Man 1 Blitar yaitu dengan menggunakan utuk tanggung jawab melaksanakan piket belajar berkelompok dan sebagainya. Dengan diadakannya pembiasaan tersebut supaya peserta didik dapat bertanggung jawab atas setiap perbuatannya

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 20 Sep 2023 07:27
Last Modified: 20 Sep 2023 07:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40388

Actions (login required)

View Item View Item