PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN FIQIH (SHALAT FARDHU) DI MTsN 1 KOTA BLITAR

SUSI HARTATI MAHARANI NUR WAHYU NING TIYAS, 12201183460 (2023) PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN FIQIH (SHALAT FARDHU) DI MTsN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (870kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Fiqih (Shalat Fardhu) di MTsN 1 Kota Blitar” ini ditulis oleh Susi Hartati Maharani Nur Wahyu Ning Tiyas, Jurusan Pendidikan Agama Islam, NIM 12201183460, dibimbing oleh Machrup Eko Cahyono, M.Pd.I. Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Keaktifan, Hasil Belajar Metode pembelajaran merupakan cara dan siasat yang digunakan oleh guru untuk dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pemilihan dan penerapan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan dipelajari dapat menarik semangat dan keaktifan siswa untuk belajar. Sehingga hal ini juga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa di kelas. Adapun salah satu metode pembelajaran yang dapat menarik keaktifan siswa yaitu metode demonstrasi. Melalui metode demonstrasi siswa dapat meningkatkan keterampilan, keaktifan, dan pola pikir siswa untuk dapat menyelesaikan masalah yang ada. Rumusan Masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih (shalat fardhu) di MTsN 1 Kota Blitar ? (2) Adakah pengaruh metode demonstrasi terhadap keaktifan belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran fiqih (shalat fardhu) di MTsN 1 Kota Blitar ? (3) Adakah pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran fiqih (shalat fardhu) di MTsN 1 Kota Blitar ? (4) Adakah pengaruh metode demonstrasi terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran fiqih (shalat fardhu) di MTsN 1 Kota Blitar ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen Design. Peneliti mengambil dua kelas VII MTSN 1 Kota Blitar sebagai sampel. Pada kelas VII F digunakan sebagai kelas kontrol dengan memberikan perlakuan metode konvesional, sedangkan pada kelas VII I digunakan sebagai kelas eksperimen dengan memberikan perlakuan berupa penerapan metode demonstrasi selama proses pembelajaran berlangsung. Data yang terkumpul baik dari kelas kontrol maupun eksperimen akan dianalisis prasyarat terlebih dahulu dengan menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, setelah lolos uji prasyarat maka dilanjut uji hipotesis menggunakan uji T-test, uji N-Gain score dan uji manova dengan bantuan program SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih bab shalat fardhu di MTsN 1 Kota Blitar ini masih kurang optimal dalam penggunaannya karena masih terdapat beberapa kelas dalam proses pembelajarannya pada mata pelajaran fiqih bab shalat fardhu ini yang menggunakan metode konvesional dan terdapat beberapa kelas yang menggunakan metode demonstrasi tetapi masih kurang optimal dalam penerapannya. (2) Adanya pengaruh yang signifikan dalam penerapan metode demonstrasi terhadap keaktifan belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran fiqih (shalat fardhu) di MTsN 1 Kota Blitar, berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji T didapatkan nilai signifikan 2-tailed sebesar 0,010 yang berarti 0,010 < 0,05. (3) Adanya pengaruh yang signifikan dalam penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran fiqih (shalat fardhu) di MTsN 1 Kota Blitar, berdasarkan perhitungan uji T didapatkan nilai signifikan 2-tailed sebesar 0,043<0,05. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan metode demonstrasi terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran fiqih (shalat fardhu) di MTsN 1 Kota Blitar, berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji T didapatkan nilai signifikan 2-tailed sebesar 0,008 yang artinya 0,008<0,05. Maka berdasarkan data hasil ketiga pengujian tersebut peneliti menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan metode demonstrasi terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran fiqih (shalat fardhu) di MTsN 1 Kota Blitar

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 21 Sep 2023 07:20
Last Modified: 21 Sep 2023 07:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40393

Actions (login required)

View Item View Item