PERSEPSI GURU BIDANG STUDI IPA DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMPN SE-KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN NGANJUK

MIFTAKHUR ROHMAH, 12208193016 (2023) PERSEPSI GURU BIDANG STUDI IPA DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMPN SE-KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN NGANJUK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Persepsi Guru Bidang Studi IPA dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di SMPN se Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk” ditulis oleh Miftakhur Rohmah, NIM. 12208193016, pembimbing Haslinda Yasti Agustin, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Persepsi Guru, Kurikulum Merdeka Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebijakan baru yang dicetuskan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengenai Kurikulum Merdeka Belajar dengan persiapan yang kurang matang. Seiring turunnya kebijakan tersebut menciptakan persepsi guru yang berbeda-beda. Khususnya persepsi guru bidang studi IPA, mengenai pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di SMPN se-Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk meneliti persepsi guru mengenai Kurikulum Merdeka Belajar dan faktor pendukung serta faktor penghambat dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan persepsi guru bidang studi IPA dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di SMPN se-Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk, (2) Mendeskripsikan langkah-langkah penyesuaian pembuatan RPP pada kurikulum merdeka belajar dalam mata pelajaran IPA di SMP se-Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk, (3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat guru bidang studi IPA dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di SMPN se-Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk, (4) Mendeskripsikan upaya untuk mengatasi faktor penghambat guru bidang studi IPA dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di SMPN se-Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi guru mengenai pelaksanaan kurikulum merdeka belajar mendapat dua persepsi, yaitu persepsi positif dan negatif yang lebih dominan persepsi positif. (2) Langkah penyesuaian pembuatan RPP pada kurikulum Merdeka Belajar sudah sesuai dengan yang ditetapkan Kemendikbud, kedua sekolah sudah tidak lagi membuat RPP namun menggunakan Modul Ajar. Penyusunan modul ajar dimulai dari menganalisis kebutuhan guru, siswa dan sekolah, mengidentifikasi tema profil pelajar pancasila yang akan dikembangkan, menentukan alur tujuan pembelajaran yang akan dikembangkan menjadi modul ajar, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi. (3) Faktor pendukung dalam pelaksaan kurikulum merdeka belajar adalah adanya kerjasama antara guru, siswa serta kepala sekolah dalam mengembangkan kurikulum merdeka belajar dan memiliki bahan ajar sesuai dengan kebutuhan. Faktor penghambat dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar yaitu kurangnya pembahaman guru mengenai kurikulum merdeka belajar, guru tidak memiliki pengalaman mengenai pelaksanaan kurikulum merdeka belajar dan guru belum menguasai teknologi untuk dikolaborasikan dengan pembelajaran. (4) Upaya untuk mengatasi faktor penghambat tersebut yaitu kepala sekolah serta waka kurikulum memberikan motivasi secara mendalam kepada guru bidang studi IPA untuk mengikuti pelatihan mengenai pelaksanaan kurikulum merdeka belajar dan adanya indisiatif guru untuk melakukan pembelajaran secara mandiri mengenai IT dan pelaksanaan kurikulum merdeka belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208193016 Miftakhur Rohmah
Date Deposited: 20 Sep 2023 04:15
Last Modified: 20 Sep 2023 04:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40397

Actions (login required)

View Item View Item