PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM PELAKSANAAN REFUND PRODUK BARANG DAN JASA PADA UD RIZKY JAYA DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

M. TENGKU RAFLI PAKPAHAN, 12101193027 (2023) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM PELAKSANAAN REFUND PRODUK BARANG DAN JASA PADA UD RIZKY JAYA DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (709kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (495kB)

Abstract

M. Tengku Rafli Pakpahan, Nomor Induk Mahasiswa 12101193027, Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Dalam Pelaksanaan Refund Produk Barang Dan Jasa Pada UD Rizky Jaya Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2023, Pembimbing Dr. Reni Puspitasari, M.Sy. Kata Kunci : Refund, Barang dan Jasa, Perlindungan Konsumen. Pelayanan refund merupakan upaya memberikan kepuasan kepada konsumen apabila terdapat kewajiban pelaku usaha yang tidak terpenuhi. Selain itu pemberian pelayanan refund bertujuan untuk memberikan hak-hak konsumen. Pengabaian terhadap pemberian layanan refund mengakibatkan kerugian terhadap konsumen. Oleh karena itu menjadi penting layanan refund diberlakukan disetiap layanan usaha. Berdasarkan latar belakang tersebut maka peneliti mengambil judul penelitian “Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Dalam Pelaksanaan Refund Produk Barang Dan Jasa Pada UD RIZKY JAYA Ditinjau Dari Undang- Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen”. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana fenomena refund barang dan jasa pada UD Rizki Jaya?. 2) Bagaimana Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Dalam Pelaksanaan Refund Produk Barang Dan Jasa Pada UD RIZKY JAYA Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian hukum empiris. Data primer dalam penelitian ini diambil dari hasil wawancara dengan pemilik dan karyawan UD Rizky Jaya, sedangkan data sekunder dalam penelitian ini diambil dari buku, jurnal dan skripsi yang memiliki keterkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Fenomena Refund terhadap produk pada UD Rizky Jaya terjadi karena terjadi kecacatan pada semen, pipa, cat, dan keramik. Pelayanan refund terhadap semen dilakukan dengan mengganti semen yang cacat dengan semen yang tidak memiliki kecacatan. Pelayanan refund terhadap pipa terjadi karena terdapat keretakan pada pipa, kemudian diganti dengan pipa yang tidak retak. Pelayan refund terhadap cat dilakukan dengan pengembalian uang sesuai nominal pembelian, hal tersebut karena stok cat yang diinginkan konsumen sudah habis. Sedangkan pelayanan refund terhadap keramik tidak ditanggapi oleh pihak UD Rizky Jaya karena pengajuan klaim refund dilakukan melebihi 1 hari atau melebihi jangka waktu yang telah ditentukan. 2) Pemberlakuan Refund terhadap produk dan jasa yang diberikan oleh pihak UD Rizky Jaya dilakukaan dengan prosedur sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah ditentukan oleh pihak UD Rizky Jaya. Prosedur pelayan refund tersebut dilakukan dengan konsumen datang ke UD Rizky Jaya dengan menunjukkan kecacatan terhadap barang, selain itu konsumen juga dapat mengajukan refund apabila nominal pembelian barang diatas Rp.50.000 selama jarak rumah konsumen tidak melebihi 3 kilo meter dari toko UD Rizky Jaya. Kemudian konsumen melakukan klaim refund terhadap barang yang terdapat kecacatan tersebut. Pengajuan refund dapat dilakukan apabila tidak melebihi batas waktu yang telah ditentukan yaitu 1 hari untuk barang ecer dan 3 hari untuk barang grosir. Kemudian konsumen mengisi form pengajuan refund dari UD Rizky Jaya. Kemudian pihak UD Jaya melakukan tindak lanjut paling lama 3 hari setelah pengajuan refund tersebut. Sedangkan prosedur pengajuan pada jasa dilakukan dengan cara konsumen datang langsung ke toko UD Rizky Jaya atau bisa melalui telepon untuk mengajukan refund, kemudian pihak UD Rizky Jaya melakukan pengecekan ke lokasi, setelah itu pihak UD Rizky Jaya melakukan tindak lanjut atas pengajuan refund tersebut. Prosedur pelayanan refund tersebut merupakan bentuk upaya pelaksanaan perlindungan konsumen untuk mewujudkan tujuan perlindungan konsumen, pemenuhan hak-hak konsumen dan pelaksanaan kewajiban pelaku usahan sebagaimana diatur dalam Pasal 3, 4 dan 7 UndangUndang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Ekonomi > Konsumen
Hukum > Perlindungan Hukum
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 12101193027 M. TENGKU RAFLI PAKPAHAN
Date Deposited: 02 Oct 2023 07:16
Last Modified: 02 Oct 2023 07:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40429

Actions (login required)

View Item View Item