PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DAN VIDEO TERHADAP PEMAHAMAN DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VII PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL MTS. MA’ARIF UDANAWU BLITAR

JAYANTI RYAN PRATIWI, 12211193015 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DAN VIDEO TERHADAP PEMAHAMAN DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VII PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL MTS. MA’ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (632kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (177kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Media Gambar Dan Video Terhadap Pemahaman Dan Keaktifan Siswa Kelas VII Pada Materi Pemanasan Global MTs Ma’arif Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Jayanti Ryan Pratiwi, NIM 12211193015, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan dosen Pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, S.Si., M.Si. Kata Kunci: Model pembelajaran problem based learning, Media gambar dan video, Pemahaman konsep, keaktifan siswa. Fenomena kurangnya keaktifan siswa saat pembelajaran menyebabkan siswa kurang memahami materi yang telah diberikan. Hal ini disebabkan karena pembelajaran IPA hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan. Oleh karena itu, hendaknya pendidik mengubah model pembelajaran agar siswa lebih aktif dan mudah memahami materi. Salah satunya yaitu Model Pembelajaran Problem Based Learning. Model pembelajaran tersebut dilakukan dengan pemberian masalah kepada siswa dan diminta untuk menyelesaikannya. Model pembelajaran tersebut dapat membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media gambar dan video terhadap pemahaman konsep siswa kelas VII pada materi Pemanasan Global di MTs. Ma’arif Udanawu Blitar. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media gambar dan video terhadap keaktifan siswa kelas VII pada materi Pemanasan Global di MTs. Ma’arif Udanawu Blitar. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media gambar dan video terhadap pemahaman dan keaktifan siswa kelas VII pada materi Pemanasan Global di MTs. Ma’arif Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain posttest only control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning, serta media pembelajaran gambar dan video, variabel terikat berupa pemahaman dan keaktifan siswa, serta variabel kontrol adalah kelas VII B MTs Ma’arif Udanawu Blitar. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di Mts M’arif Udanawu Blitar sebanyak 270 siswa. Adapun sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji T-test (Independen Sampling T-test) dan uji Multivarians Analysis of Varians (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media gambar dan video terhadap pemahaman konsep siswa kelas VII pada materi Pemanasan Global di MTs. Ma’arif Udanawu Blitar dengan nilai sig 0.000 < 0.05. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media gambar dan video terhadap keaktifan siswa kelas VII pada materi Pemanasan Global di MTs. Ma’arif Udanawu Blitar dengan nilai sig 0.000 < 0.05. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media gambar dan video terhadap pemahaman dan keaktifan siswa kelas VII pada materi Pemanasan Global di MTs. Ma’arif Udanawu Blitar dengan nilai sig 0.000 < 0.05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211193015 Jayanti Ryan Pratiwi
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:33
Last Modified: 25 Sep 2023 07:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40436

Actions (login required)

View Item View Item