PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK DI SMAN 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

NAFIS SHOFIYANA, 12211193096 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK DI SMAN 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (502kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (352kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa kelas XI IPA Pada Materi Gelombang Mekanik di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung” yang ditulis oleh Nafis Shofiyana, NIM. 12211193096, Program Studi Tadris Fisika, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Nani Sunarmi, S.Si.,M.Sc. Kata Kunci : Jigsaw, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang masih memiliki tingkat motivasi dan hasil belajar yang rendah.Seorang pendidik di dalam melaksanakan pembelajaran dituntut untuk dapat memilih suatu model pembelajaran sesuai dengan materi serta kondisi supaya dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw diharapkan dapat membantu siswa dalam belajar, sehingga motivasi dan hasil belajar dapat meningkat.Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi, hasil belajar dan terhadap motivasi serta hasil belajar siswa pada materi gelombang mekanik kelas XI IPA di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design.Populasi dalam penelitian ini sebanyak 195 siswa dengan sampel – siswa yang terbagi menjadi 2 kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 36 siswa dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 36 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket motivasi dan tes hasil belajar.Teknik analisis data menggunakan 3 uji, yaitu uji instrument (uji validitas dan reliabilitas), uji prasarat (uji normalitas dan homogenitas) dan uji hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan uji- t dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPA pada materi gelombang mekanik di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung. Dibuktikandengan nilai hasil uji hipotesis yaitu 0,000 > 0,05 yang dinyatakan bahwa H0 ditolak Ha diterima, (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA pada materi gelombang mekanik di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung. Dibuktikandengan nilai hasil uji hipotesis yaitu 0,000 > 0,05 yang dinyatakan bahwa H0 ditolak Ha diterima, (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA pada materi gelombang mekanik di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung. Dibuktikandengan nilai hasil uji hipotesis yaitu 0,000 > 0,05 yang dinyatakan bahwa H0 ditolak Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Nafis 12211193096 Nafis Shofiyana
Date Deposited: 26 Sep 2023 04:37
Last Modified: 26 Sep 2023 04:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40463

Actions (login required)

View Item View Item