PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

PENNY WULANDARI, 12205193058 (2023) PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (744kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)

Abstract

Wulandari, Penny. 2023. Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Drs. H. Timbul, M.Pd.I. Kata kunci: Peran guru, karakter, peserta didik Pembentukan karakter merupakan salah satu tujuan pendidikan nasional yang perlu diperhatikan oleh setiap lembaga pendidikan. Dalam pendidikan karakter, guru memiliki peranan penting dalam mendidik karakter peserta didik. Selain guru memiliki tugas penting dalam mengajarkan ilmu pengetahuan , guru juga memiliki tugas dalam menanamkan nilai-nilai karakter dan akhlak mulia pada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan peran guru sebagai pendidik dalam pembentukan karakter peserta didik di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung (2) mendeskripsikan peran guru sebagai pembimbing dalam pembentukan karakter peserta didik di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung (3) mendeskripsikan peran guru sebagai model dan teladan dalam pembentukan karakter peserta didik di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Tenik analisi data menurut Huberman dan Miles teknik analisis data ini sering disebut dengan model interaktif yang terdiri dari tiga hal utama yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) peran guru dalam pembentukan karakter peserta didik di MI Nurul Islam Mirigambar sebagai pendidik guru tidak hanya mengajarkan materi namun juga melatih serta mengembangkan sikap dan mental peserta didik, dengan mendidik serta menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam berbagai pengetahuan dan dibarengi dengan model serta teladan dari sikap dan tingkah laku guru. Nilai-nilai karakter seperti religius, jujur, toleransi, disiplin dan mandiri pada peserta didik juga di bentuk melalui kegaiatan belajar mengajar yang di lakukan di dalam kelas, guru membentuk karakter anak dengan cara dibimbing dan mengarahkan anak untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. (2) peran guru sebagai pembimbing dalam pembentukan karakter peserta didik di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung dilakukan dengan selalu memberikan dorongan motivasi dan bimbingan kepada peserta didik agar mereka dapat memahami nilai-nilai positif karakter dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-harinya. Nilai-nilai karakter seperti religius, jujur, toleransi, disiplin dan mandiri dibentuk dengan terus memberikan motivasi, bimbingan, dan nasehat kepada peserta didik agar mereka dapat menerapkan nilai-nilai karakter tersebut dalam kehidupan sehari-hari. (3) peran guru dalam pembentukan karakter peserta didik di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung sebagai model dan teladan guru harus menunjukkan sikap yang positif seperti berbicara dengan sopan, berperilaku yang baik, memiliki sopan santun agar anak-anak bisa meniru dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam menerapkan nilai-nilai karakter seperti religius, jujur, toleransi, disiplin dan mandiri guru-guru di MI Nurul Islam Mirigambar menjadikan dirinya contoh dan menerapkannya secara konsisten agar peserta didik dapat terinspirasi dan mendapatkan dorongan untuk ikut menerapkannya dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193058 Penny Wulandari
Date Deposited: 26 Sep 2023 07:01
Last Modified: 26 Sep 2023 07:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40474

Actions (login required)

View Item View Item