PEMANFAATAN APLIKASI YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK DI MTsN 10 BLITAR

MUHAMMAD RIYAN FATAHILLAH, 12201183483 (2023) PEMANFAATAN APLIKASI YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK DI MTsN 10 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (441kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (752kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (486kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pemanfaatan Aplikasi Youtube Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak di MTsN 10 Blitar” ini ditulis oleh MUHAMMAD RIYAN FATAHILLAH NIM. 12201183483, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing langsung oleh Ibu Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M. Pd. I. Kata Kunci: Pemanfaatan Youtube, Prestasi Belajar, Akidah Akhlak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang semakin memudahkan seseorang untuk mengakses berbagai informasi dalam mewujudkan kemudahan dalam kegiatan pembelajaran. Media pembelajaran adalah sarana bagi guru untuk menyampaikan materi pada peserta didik. Jenis media pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan siswa menjadi lebih baik, karena berupa suara dan juga gambar. Media yang digunakan dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTsN 10 Blitar ini menggunakan media pembelajaran yang berbasis Youtube, yang mana menampilkan video dari Youtube ini untuk mempermudah dalam memahami materi yang disampaikan. Sebagai upaya peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak melalui media Youtube ini dapat dilihat dari keaktifan siswa di kelas dan dari nilai harian siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan metode pemanfaatan aplikasi Youtube dalam meningkatkan prestasi belajar Akidah Akhlak di MTsN 10 Blitar, (2) Untuk mendeskripsikan kendala pemanfaatan aplikasi Youtube dalam meningkatkan prestasi belajar Akidah Akhlak di MTsN 10 Blitar, (3) untuk mendeskripsikan hasil pemanfaatan aplikasi Youtube dalam meningkatkan prestasi belajar Akidah Akhlak di MTsN 10 Blitar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan pengumpulan data (data Collection), kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verification). Sedangkan Teknik Keabsahan Data dengan Credibility (derajat kepercayaan), Tranferability (Keteralihan), Depandability (kebergantungan), Confirmability (konfirmasi), Ketekunan Pengamat, dan Triangulasi. Kemudian hasil penelitian yang didapatkan peneliti, sebagai berikut: 1) Bahwa ada langkah-langkah tahap persiapan pemanfaatan aplikasi Youtube dalam pembelajaran Akidah Akhlak, seperti mengecek peralatan yang akan digunakan, menyiapkan peralatan media tersebut, guru menyampaikan materi dengan memanfaatkan aplikasi Youtube dan dengan metode ceramah. 2) Kendala yang terjadi dalam pemanfaatan aplikasi Youtube dalam pembelajaran Akidah Akhlak ini adalah jika guru hanya menyampaikan monoton maka siswa mudah bosan, terdapat sarana dan prasarana yang belum memadai sehingga agak menyulitkan guru dalam pemanfaatan aplikasi Youtube dalam pembelajaran, ketika terjadi listrik mati maka tidak bisa menggunakan media tersebut. 3) Adapun dampak yang didapat dari pemanfaatan aplikasi Youtube dalam pembelajaran Akidah Akhlak ini guru lebih mudah dalam menyampaikan materi, materi lebih mudah diterima, siswa lebih tertarik dengan materi yang disampaikan oleh guru, dan hasil belajar siswa meningkat karena siswa lebih semangat dalam belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Pendidikan > Prestasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183483 Muhammad Riyan Fatahillah
Date Deposited: 02 Oct 2023 08:13
Last Modified: 02 Oct 2023 08:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40487

Actions (login required)

View Item View Item