PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA MONOMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI MATEMATIKA SISWA MATERI TEOREMA PYHTAGORAS DI SMP DARUL ULUM 5 JOMBANG TAHUN AJARAN 2022/2023

MOHKAMAD MIFTAKUL HUDA, 12204193154 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA MONOMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI MATEMATIKA SISWA MATERI TEOREMA PYHTAGORAS DI SMP DARUL ULUM 5 JOMBANG TAHUN AJARAN 2022/2023. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (733kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning Berbantuan Media Monomatika untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Matematika Siswa Materi Teorema Pyhtagoras di SMP Darul Ulum 5 Jombang Tahun Ajaran 2022/2023” ini ditulis oleh Mohkamad Miftakul Huda, NIM 12204193154, program studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I.,M.Pd. Kata kunci : model pembelajaran game based learniing; media monomatika; kemampuan literasi; kemampuan numerasi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan literasi dan numerasi yang merupakan masalah mendasar dan memiliki dampak sangat luas bagi kemajuan bangsa. Dikarenakan kemampuan literasi dan numerasi memiliki peran penting dalam dunia pendidikan. Literasi dan numerasi dapat dartikan sebagai konsep yang akan berkembang dan terus berkonsekuensi pada penggunaan berbagai media digital dalam proses pembelajaran di kelas, sekolah dan lingkungan masyarakat. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan media dalam proses pembelajaran, monomatika merupakan salah satu media yang tepat untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa, dengan menerapkan model pembelajaran game based learning, yang menjadikan pembelajaran semakin menarik dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh media monomatika terhadap kemampuan literasi siswa kelas VIII SMP Darul Ulum 5 Jombang, 2) Untuk mengetahui pengaruh media monomatika terhadap kemampuan numerasi siswa kelas VIII SMP Darul Ulum 5 Jombang, 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media monomatika terhadap kemampuan literasi dan numerasi siswa kelas VIII SMP Darul Ulum 5 Jombang. Pendekatan dalam pnelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desaign posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SMP Darul Ulum 5 Jombang dengan jumlah 235 siswa. Sampel yang diambil adalah kelas VIII A dengan jumlah siswa 22 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B dengan jumlah siswa 22 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah test dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas, serta uji hipotesis dengan uji-t dan uji Effect Size Cohen’s. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran game based learning berbantuan media monomatika terhadap kemampuan literasi siswa materi theorema pyhtagoras dengan jumlah Sig. (2-talied) = 0,000 ; 2) Ada pengaruh model pembelajaran game based learning berbantuan media monomatika terhadap kemampuan numerasi siswa materi theorema pyhtagoras dengan jumlah Sig. (2-talied) = 0,000; 3) Besarnya pengaruh model pembelajaran gambe based learning terhadap kemampuan literasi dan numerasi siswa materi theorema pyhtagoras, dengan jumlah Nilai d pada kemampuan literasi siswa adalah 3,912 dan nilai d pada kemampuan numerasi siswa adalah 1,816.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193154 MOHKAMAD MIFTAKUL HUDA
Date Deposited: 29 Sep 2023 10:34
Last Modified: 29 Sep 2023 10:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40491

Actions (login required)

View Item View Item