PERAN GURU AL-QURAN HADIST DALAM MEMBANGUN BUDAYA MEMBACA AL-QURAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI MTs NEGERI 6 BLITAR

RAHMAD NUR NOVIANTO, 12201183369 (2023) PERAN GURU AL-QURAN HADIST DALAM MEMBANGUN BUDAYA MEMBACA AL-QURAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI MTs NEGERI 6 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (227kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

kripsi dengan judul “Peran Guru Al-Quran Hadist Dalam Membangun Budaya Membaca Al-Quran Di Masa Pandemi Covid-19 Di MTs Negeri 6 Blitar” ini ditulis oleh RAHMAD NUR NOVIANTO NIM.12201183369, Jurusan Pendidikan Agama Islam (UIN) Sayyid Ali Rahmarullah Tulungagung yang dibimbing langsung oleh Bapak Prof. Dr. H. Ahkyak, M.Ag. Kata Kunci : Peran guru, Al-Quran Hadist, Membaca Al-Quran Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin berkembangnya zaman, banyak sekali anak yang kurang memperhatikan pendidikan agama terutama dalam membaca Alquran. Dalam hal ini dapat dibuktikan dengan kurangnya minat anak untuk mengaji di TPQ maupun di pondok pesantren. Untuk itu, perlu peran guru agar tetap menjaga minat anak dalam membaca Al-quran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peran guru sebagai pendidik dalam membangun budaya membaca Al-Quran di MTs Negeri 6 Blitar. (2) Untuk mengetahui peran guru sebagai motivator dalam membangun budaya membaca AlQuran di MTs Negeri 6 Blitar. (3) Untuk mengetahui peran guru sebagai pembimbing dalam membangun budaya membaca Al-Quran di MTs Negeri 6 Blitar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara atau Interview mendalam. Observasi partisipan, dan dokumentasi. Sumber data meliputi Person (Orang), Paper (Kertas atau dokumen), dan Place (Tempat). Teknik analisis data denga Reduksi data, Penyajian data, dan Verifikasi data atau kesimpulan. Sedangkan Teknik Keabsahan Data dengan perpanjangan Keikutsertaan, Triangulasi, dan Pemeriksaan Sejawat melalui Diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dengan adanya program yang dilakukan sekolah yaitu mewajibkan semua siswa membaca surat-surat pendek sebelum melakukan pelajaran bisa menunjang kebiasaan siswa dalam membaca Al-quran. Selain itu dimasukkannya muatan lokal tartil Al-quran yang ditambahakan agar siswa yang masih belum lancar bisa lebih mudah untuk mempelajarinya. Dengan keterbatasan waktu guru Al-quran hadist menggunakan metode drill dan tutor sebaya agar siswa bisa belajar dan mengulangi lagi dengan teman sekalasnya di kelas maupun pada saat dirumah. (2) Guru Al-quran hadist selain memberikan motivasi lisan guru juga memberikan contoh nyata yang dilakukan untuk membangun minat membaca siswa. Guru melakukan hal yang disampaikan kepada siswa, jadi siswa akan lebih mudah untuk menerapkan apa yang disampaikan oleh guru. Hal tersebut bisa menjadi suatu motivasi yang baik bagi siswa, mereka bisa melihat langsung contoh yang diberikan oleh guru. (3) Dengan adanya bimbingan yang dilakukan akan menumbuhkan rasa minat siswa untuk selalu istiqomah dalam membaca Al-quran. Guru mengarahkan siswa masuk dalam ekstra kulikuler dan mengaji di TPQ guna menunjang kelancaran siswa dalam membaca Alquran. Dengan adanya bimbingan dan pengarahan secara rutin oleh guru maka siswa tidak akan merasa kesulitan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan > Guru
Pandemi
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201183369 RAHMAD NUR NOVIANTO
Date Deposited: 03 Oct 2023 08:25
Last Modified: 03 Oct 2023 08:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40495

Actions (login required)

View Item View Item