PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA EDUKATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENYEBUTKAN ANGKA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK IT AL MUBAROK KRAS KEDIRI

NANGIMUL JANNAH, 12206193108 (2023) PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA EDUKATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENYEBUTKAN ANGKA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK IT AL MUBAROK KRAS KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (774kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (676kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (444kB) | Preview

Abstract

Nangimul Jannah, 12206193108, 2023, Pengaruh Permainan Ular Tangga Edukatif terhadap Kemampuan Menyebutkan Angka Anak Usia 4-5 Tahun di TK IT Al Mubarok Kras Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Skripsi: Zun Azizul Hakim, M.Psi. Kata Kunci: Permainan Ular Tangga Edukatif, Kemampuan Menyebutkan Angka Kemampuan menyebutkan angka pada anak usia 4-5 tahun di TK IT Al-Mubarok Kras Kediri kurang berkembang dan belum optimal, hal ini dapat dilihat dari keraguan anak dalam menyebutkan angka, anak belum tepat dalam menyebutkan angka, dan kurangnya mengenal lambang bilangan. Maka dari itu peneliti ingin mengetahui adakah pengaruh permainan ular tangga edukatif terhadap kemampuan menyebutkan angka pada anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh permainan ular tangga edukatif terhadap kemampuan menyebutkan angka anak usia 4-5 tahun, dan seberapa besar pengaruh permainan ular tangga edukatif terhadap kemampuan menyebutkan angka anak usia 4-5 tahun. Adapun tujuan penelitian ini yaitu yang pertama untuk mengetahui pengaruh permainan ular tangga edukatif terhadap kemampuan menyebutkan angka terhadap anak usia 4-5 tahun dan yang kedua untuk mengetahui seberapa besar pengaruh permainan ular tangga edukatif terhadap kemampuan menyebutkan angka anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pengumpulan data yang digunakan menggunakan metode observasi, skala pencapian perkembangan anak untuk mengetahui kemampuan anak dalam menyebutkan angka, dan dokumentasi digunakan untuk mencari informasi data tentang populasi, sampel, sarana prasarana, dan dokumen yang ada di lembaga. Analisis data dimulai dari penelitian, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik analisis data peneliti menggunakan uji prasyarat analisis uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah pertama permainan ular tangga edukatif sangat mempengaruhi kemampuan menyebutkan angka pada anak usia 4-5 tahun, hal ini dibuktikan dengan pengaruh yang signifikan dari penerapan permainan ular tangga eduakatif terhadap kemampuan menyebutkan angka pada anak usia 4-5 tahun dengan hasil signifikasi yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 atau dapat dilihat dengan perhitungan thitung > ttabel. Hasil analisis data uji gain score dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai sig. = 0,001 dan nilai thitung = 3,551. Nilai sig. > taraf signifikan 1% yaitu 0,001 < 0,05 dan thitung > ttabel yaitu 3,551 > 1,111. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dari permainan ular tangga edukatif terhadap kemampuan menyebutkan angka anak usia 4-5 tahun di TK IT Al-Mubarok Kras Kediri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: S1 12206193108 NANGIMUL JANNAH
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:33
Last Modified: 29 Sep 2023 03:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40511

Actions (login required)

View Item View Item