AYU ARIANA ASDINA PUTRI, 12205183062 (2023) PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MI NURUL ISLAM SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (940kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (423kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (980kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pendidikan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an Di MI Nurul Islam Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh AYU ARIANA ASDINA PUTRI, NIM. 12205183062, Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah yang dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci: Pendidikan Karakter Religius, Tahfidz Al-Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dampak perkembangan teknologi yang semakin maju, namun problem moral dan karakter menjadi persoalan karena mengalami kemunduran. Hal tersebut karena terabaikannya pendidikan karakter, karena kurangnya penekanan pendidikan karakter pada lembaga pendidikan dan lebih mengedepankan perkembangan intelektual saja. Sehingga diperlukan pendidikan karakter religius peserta didik sejak dini. Salah satunya dengan menerapkan program tahfidz Al-Qur’an yang dapat menumbuhkan karakter peserta didik yang baik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana pendidikan karakter religius peserta didik jujur melalui program implementasi tahfidz al-Qur’an di MI Nurul Islam Sumbergempol Tulungagung ? (2) Bagaimana pendidikan karakter religius peserta didik amanah melalui implementasi program tahfidz al-Qur’an di MI Nurul Islam Sumbergempol Tulungagung ? (3) Bagaimana pendidikan karakter religius peserta didik sabar melalui implementasi program tahfidz al-Qur’an di MI Nurul Islam Sumbergempol Tulungagung ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, pengujian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pendidikan karakter religius jujur peserta didik melalui implementasi program tahfidz Al-Qur’an yaitu dengan penerapan komponen Moral Knowing (memahami), Moral Feeling (merasakan), Moral Action (mempraktikkan). Pembiasaan yang dapat membentuk karakter jujur adalah kesiapan peserta didik untuk setoran kepada ustdzah atau ziyadah, dan berkata jujur ketika muroja’ah atau tidak dirumah. Melalui pembiasaan pada proses pembelajaran tahfidz mampu membentuk karakter yang baik lainnya yaitu peserta didik lebih rajin, ikhlas dan telaten dalam mengikuti dan mengerjakan tugas yang diberikam (2) Pendidikan karakter amanah peserta didik melalui implementasi program tahfidz Al-Qur’an di MI Nurul Islam Sumbergempol Tulungagung yaitu dengan pembiasaan muroja’ah pada saat pembelajaran tahfidz, ada dua macam muroja’ah yang dilakukan peserta didik yaitu muroja’ah sendiri dan muroja’ah bersama-sama dengan teman. Selain itu dengan membiasakan peserta didik menjadi pemimpin saat muroja’ah sambung ayat. Dengan upaya yang dilakukan membentuk karakter peserta didik yang bertanggungjawab atas hafalannya dan memiliki jiwa yang percaya diri dalam melakukan suatu pekerjaan. (3) Pendidikan karakter sabar peserta didik melalui implementasi program tahfidz Al-Qur’an di MI Nurul Islam Sumbergempol Tulungagung yaitu melalui pembiasaan menghafal ayat Al-Qur’an dengan mengulang-ngulang membaca dan dengan tajwid yang benar. Budaya antri ketika menunggu giliran untuk setoran, upaya tersebut secara tidak sadar dapat mengontrol emosi negatif siswa dan peran ustadzah sebagai suri tauladan bagi peserta didik sangat berperngaruh dalam mengembangkan sikap sabar pada diri anak
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Karakter Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1313030080 OK PRINT |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 13:35 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 13:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40529 |
Actions (login required)
View Item |