SALISNA AGUSTINA, 12205193049 (2023) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (507kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (554kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (126kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (514kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (788kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (835kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (348kB) | Preview |
Abstract
Prestasi belajar peserta didik dapat mengalami peningkatan dan penurunan. Pola asuh orang tua dan fasilitas belajar memengaruhi prestasi belajar peserta didik. Kurang tepatnya pola asuh yang diterapkan dan perbedaan dampak penerapan pola asuh. Minimnya fasilitas belajar yang didapatkan peserta didik baik di sekolah maupun dirumah, serta adanya fasilitas belajar yang kurang dimanfaatkan dengan baik oleh peserta didik. Berdasarkan permasalahan ini, peneliti melakukan penelitian mengenai pengaruh pola asuh orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh pola asuh orang tua (otoriter, demokratis, dan permisif) terhadap prestasi belajar peserta didik MIN 4 Tulungagung? (2) Adakah pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar peserta didik MIN 4 Tulungagung ? (3) Adakah pengaruh pola asuh (otoriter, demokratis, dan permisif) dan fasilitas belajar secara simultan terhadap prestasi belajar peserta didik MIN 4 Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menguji pengaruh pola asuh orang tua (otoriter, demokratis, dan permisif) terhadap prestasi belajar peserta didik MIN 4 Tulungagung, (2) Untuk menguji pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar peserta didik MIN 4 Tulungagung, (3) Untuk menguji pengaruh pola asuh orang tua (otoriter, demokratis, dan permisif) dan fasilitas belajar secara simultan terhadap prestasi belajar peserta didik MIN 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif ex post facto, dengan populasi peserta didik MIN 4 Tulungagung berjumlah 327 peserta didik. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas VI A,B, dan C berjumlah 55 peserta didik menggunakan purposive sampling. Pengambilan data menggunakan angket untuk mengukur pola asuh orang tua dan fasilitas belajar dan dokumentasi untuk data prestasi belajar dari nilai rapor peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan IBM SPSS statistic for windows 21.0. Berdasarkan hasil analisis data diketahui : (1) Pengaruh pola asuh orang tua (otoriter, demokratis, dan permisif) terhadap prestasi belajar peserta didik MIN 4 Tulungagung. Nilai signifikansi pola asuh otoriter terhadap prestasi belajar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima, artinya terdapat pengaruh positif pola asuh otoriter terhadap prestasi belajar peserta didik. Nilai signifikansi pola asuh demokratis terhadap prestasi belajar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima, artinya terdapat pengaruh positif pola asuh demokratis terhadap prestasi belajar peserta didik. Nilai signifikansi pola asuh permisif terhadap prestasi belajar 0,020 < 0,05 maka Ha diterima, artinya terdapat pengaruh positif pola asuh permisif terhadap prestasi belajar peserta didik. Disimpulkan terdapat pengaruh positif pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar peserta didik MIN 4. (2) Pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar peserta didik MIN 4 Tulungagung. Nilai signifikansi fasilitas belajar peserta didik berpola asuh otoriter 0,002 < 0,05 maka Ha diterima, artinya terdapat pengaruh positif fasilitas belajar peserta didik berpola asuh otoriter terhadap prestasi belajar peserta didik. Nilai signifikansi fasilitas belajar peserta didik berpola asuh demokratis 0,005 < 0,05 maka Ha diterima, artinya terdapat pengaruh positif fasilitas belajar peserta didik berpola asuh demokratis terhadap prestasi belajar peserta didik. Nilai signifikansi fasilitas belajar peserta didik berpola asuh permisif 0,039 < 0,05 maka Ha diterima, artinya terdapat pengaruh positif fasilitas belajar peserta didik berpola asuh permisif terhadap prestasi belajar peserta didik. Disimpulkan terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar peserta didik MIN 4 Tulungagung. (3) Pengaruh pola asuh orang tua dan fasilitas belajar secara simultan terhadap prestasi belajar peserta didik MIN 4 Tulungagung. Nilai signifikansi pola asuh otoriter dan fasilitas belajar secara simultan terhadap prestasi belajar peserta didik 0,000 < 0,05 maka Ha diterima, artinya terdapat pengaruh positif pola asuh otoriter dan fasilitas belajar secara simultan terhadap prestasi belajar peserta didik. Nilai signifikansi pola asuh demokratis dan fasilitas belajar secara simultan terhadap prestasi belajar peserta didik 0,000 < 0,05 maka Ha diterima, artinya terdapat pengaruh positif pola asuh demokratis dan fasilitas belajar secara simultan terhadap prestasi belajar peserta didik. Nilai signifikansi pola asuh permisif dan fasilitas belajar secara simultan terhadap prestasi belajar peserta didik 0,037 < 0,05 maka Ha diterima, artinya terdapat pengaruh positif pola asuh permisif dan fasilitas belajar secara simultan terhadap prestasi belajar peserta didik. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif pola asuh orang tua dan fasilitas belajar secara simultan terhadap prestasi belajar peserta didik MIN 4 Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Fasilitas Belajar Pendidikan Pendidikan > Prestasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193049 SALISNA AGUSTINA |
Date Deposited: | 01 Oct 2023 04:09 |
Last Modified: | 01 Oct 2023 04:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40536 |
Actions (login required)
View Item |