VIOLITA NUR ALIZA, 12204193186 (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING BERBASIS MEDIA E-MODUL MATERI MENGGUNAKAN DATA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMPN 1 PATIANROWO NGANJUK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (551kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (432kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (81kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (361kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (717kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (135kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Metode Problem Solving Berbasis Media E-Modul Materi Menggunakan Data Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Di SMPN 1 Patianrowo Nganjuk” ini ditulis oleh Violita Nur Aliza, NIM. 12204193186, Jurusan Tadris matematis, Fakultas Tarbiyah dan ilmu keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes, Ph.D. Kata Kunci: Metode Problem Solving, E-Modul, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta yang menyatakan bahwa memecahkan suatu masalah merupakan suatu aktivitas dasar bagi manusia. Kenyataan menunjukkan sebagian besar kehidupan manusia adalah berhadapan dengan masalah-masalah. Kegagalan pendidik dalam menyampaikan materi ajar bukan selalu karena ia tidak menguasai materi ajar tersebut, tetapi karena ia belum tahu bagaimana cara menyampaikan materi tersebut dengan baik dan tepat sehingga peserta didik dapat belajar dengan menyenangkan. Salah satu metode pembelajaran yang mengutamakan pemecahan masalah adalah metode problem solving berbasis e-modul. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat pengaruh penerapan metode Problem Solving berbasis media e-modul materi menggunakan data terhadap hasil belajar siswa? (2) Seberapa besar pengaruh penerapan metode Problem Solving berbasis media e-modul materi menggunakan data terhadap hasil belajar siswa?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh menerapkan metode Problem Solving berbasis media e-modul dalam meningkatkan hasil belajar materi menggunakan data pada siswa kelas VII di SMPN 1 Patianrowo Nganjuk. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh menerapkan metode Problem Solving berbasis media e-modul terhadap hasil belajar materi menggunakan data pada siswa kelas VII di SMPN 1 Patianrowo Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu (quasi eksperimental research). Sampel yang digunakan sebanyak 68 siswa yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelompok eksperimen, dan 34 siswa sebagai kelompok control. Teknik analisis data menggunakan statistik inferensial menggunakan uji T-test dan uji effect size cohen’s d dengan bantuan SPSS 22,0 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh penerapan metode problem solving berbasis media e-modul materi menggunakan data terhadap hasil belajar siswa. Hal ini sesuai dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t pada taraf 5% untuk memahami konsep dengan nilai thitung (5,454) > ttabel (1,668). Besarnya pengaruh metode problem solving berbasis media e-modul materi menggunakan data terhadap hasil belajar siswa tergolong tinggi dengan presentase 91,9 %.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Matematika Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan Matematika > Statistika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1 Bismillah |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 03:26 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 03:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40544 |
Actions (login required)
View Item |