STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTs AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG

EMY JAMILATUL LATHIFAH, 12201183448 (2023) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTs AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (829kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTs Al Huda Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Emy Jamilatul Lathifah, 2018, NIM 12201183448, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang di bombing oleh Ibu Dr. Hj. Indah Khomsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Akidah Akhlak, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi karena sangat banyaknya guru akidah akhlak dan guru pemula yang masih belum bisa atau belum mengerti strategi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Guru seharusnya mempunyai banyak cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa agar siswa mempunyai minat untuk lebih semangat dan bergairah dalam belajarnya. Fokus Penelitian ini adalah (1)Bagaimana cara-cara guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Al Huda Bandung Tulungagung? (2)Bagaimana cara-cara guru akidah akhlak dalam menghadapi hambatan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Al Huda Bandung Tulungagung? (3)Bagaimana dampak dari cara yang di lakukan oleh guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Al Huda Bandung Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam penulisan skripsi adalah (1)Untuk mendeskripsikan cara-cara guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Al Huda Bandung Tulungagung (2)Untuk mendeskripsikan cara-cara guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Al Huda Bandung Tulungagung (3)Untuk mendeskripsikan dampak dari cara–cara yang di lakukan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Al Huda Bandung Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data yang di gunakan peneliti melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamatan, dan triangulasi teknik, triangulasi sumber, triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Cara-cara guru akidah akhlak dalam meningkatan motivasi belajar siswa : guru menggunakan berbagai metode pembelajaran yang dapat menunjang keberhasilan siswa seperti metode ceramah, tanya jawab, menggunakan guyonan serta menerapkan metode PAIKEM (2) hambatan-hambatan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa : kurangnya minat siswa terhadap pelajaran akidah akhlak, terbatasnya buku pegangan siswa, kondisi kelas, kondisi keluarga siswa (3) dampak dari cara-cara yang di lakukan guru akidah akhlak: menjadikan anak lebih aktif dalam bertanya dan menjawab serta lebih semangat juga ketika pembelajaran akidah akhlak sedang berlangsung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183448 EMY JAMILATUL LATHIFAH
Date Deposited: 01 Oct 2023 05:48
Last Modified: 01 Oct 2023 05:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40545

Actions (login required)

View Item View Item