PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN BISNIS DIGITAL DI SMKN 1 UDANAWU BLITAR

HABIBATUS SINTAWATI, 12204193073 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN BISNIS DIGITAL DI SMKN 1 UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (933kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (425kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Habibatus Sintawati, 12204193073, 2023 “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Bisnis Digital di SMKN 1 Udanawu Blitar”. Pembimbing: Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Kooperatif, Teams Games Tournament, TGT, Permainan Ular Tangga, Minat Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat dan rendah hasil belajar siswa di SMKN 1 Udanawu Blitar. Hal tersebut dikarenakan dari awal siswa menganggap matematika sebagai pelajaran yang membosankan karena dipenuhi oleh rumus dan angka. Oleh karena itu matematika merupakan mata pelajaran yang sampai saat ini paling sering dianggap sulit oleh siswa. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah perlu adanya penerapan model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media permainan ular tangga. Adanya media permainan, siswa dapat terlibat secara langsung dalam proses kegiatan pembelajaran. Sehingga, proses kegiatan pembelajaran tidak lagi berpusat pada guru melainkan berpusat pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media permainan ular tangga terhadap minat belajar siswa kelas X, 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media permainan ular tangga terhadap hasil belajar siswa kelas X, 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media permainan ular tangga terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas X. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Adapun populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan Bisnis Digital di SMKN 1 Udanawu Blitar yang berjumlah . Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X BD 5 sebanyak 35 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X BD 4 sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Uji T dan Uji Manova. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media pemainan ular tangga dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, 2) Terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media pemainan ular tangga, 3) Terdapat pengaruh signifikan minat dan hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media permainan ular tangga.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1 Bismillah
Date Deposited: 06 Oct 2023 02:37
Last Modified: 06 Oct 2023 02:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40548

Actions (login required)

View Item View Item