MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MAN 2 KOTA KEDIRI

DIKA TRIPITASARI, 12601195003 (2023) MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MAN 2 KOTA KEDIRI. [ Disertasi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (604kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (993kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Disertasi dengan judul “Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 2 Kota Kediri” ini ditulis oleh Dika Tripitasari, NIM. 12601195003, pembimbing I: Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag, NIP: 196710291994031004, promotor II: Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I, NIP: 197206012000031002. Kata kunci: Manajemen Sumber Daya Manusia, Mutu Pendidikan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia salah satunya dengan menerbitkan peraturan perundang-undangan yang terus disempurnakan secara terencana, terarah dan berkelanjutan sebagai bentuk penyesuaian terhadap dinamikan ilmu pengetahuan, teknologi dan kehidupan masyarakat yang terus berkembang. Dan konsekuensi logis dalam upaya peningkatan mutu pendidikan salah satunya melalui manajemen Sumber Daya Manusia. Sumber Daya Manusia yang merupakan satu-satunya sumber daya yang memiliki akal, perasaan keinginan, kemampuan, keterampilan, pengetahuan, dorongan rasa dan karsa adalah komponen penting yang menjadi kunci keberhasilan dalam meningkatkan mutu pendidikan sehingga harus dibina dan dikembangkan sebagaimana yang terjadi di MAN 2 Kota Kediri. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menemukan dan menganalisis terkait perencanaan, rekrutmen dan seleksi, evaluasi serta pelatihan dan pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 2 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk jenis penelitian field research berupa studi kasus, dan tergolong penelitian deskriptif dengan peneliti sebagai instrumen utama. Sumber data terdiri dari person, place, dan paper. Teknik pengumpulan data antara lain observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif. Pengecekan keabsahan data meliputi: 1. Credibility melalui perpanjangan keikutsertaan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi (sumber, teknik, dan waktu); 2. Transferability: hasil penelitian ini ditulis secara jelas dan lengkap supaya pembaca dapat mengaplikasikannya di lokasi yang lain; 3. Dependability: hasil penelitian ini diperiksa dan disetujui dosen pembimbing selaku auditor; 4. Confirmability: paparan data didasarkan pada hasil penelitian di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pendidik dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 2 Kota Kediri mencakup analisis kebutuhan, analisis ketersediaan, dan penetapan visi. Rekrutmen dan seleksi dilakukan dalam waktu tertentu ketika terjadi kekosongan jabatan melalui CPNS dan Non PNS dengan sistem kontrak yang menggunakan dua alternatif; pertama mengutamakan permohonan lamaran yang ada, kedua melalui publikasi internal; kriteria kelulusan pelamar mengacu pada ketetapan Undang-Undang yang selanjutnya dikembangkan sesuai dengan kebutuhan madrasah yang tingkat keberhasilannya dapat dilihat dari jumlah pendidik dan tenaga kependidikan yang berhasil mengukir prestasi. Sedangkan untuk pelatihan dan pengembangannya berupa in house training dan out house training dengan menerapkan prinsip efisiensi melalui sistem peer teaching serta ditunjang dengan upaya kepala madrasah yang membawa perspektif baru menuju human real-source management. Adapun evaluasinya meliputi penentuan sasaran, penentuan standar, pelaksanaan penilaian, hingga feedback hasil evaluasi.

Item Type: Disertasi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Mutu Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dika 12601195003 Tripitasari
Date Deposited: 29 Sep 2023 08:16
Last Modified: 29 Sep 2023 08:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40587

Actions (login required)

View Item View Item