EUIS SEPTALICHA DAMAYANTI PUTRI, 12206193095 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOX UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA NAHDLATUL ULAMA TERPADU SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (864kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (855kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (486kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (807kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (899kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (919kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (290kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Busy Box Untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Nahdlatul Ulama Terpadu Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Euis Septalicha Damayanti Putri, NIM. 12206193095, Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Jurusan Tarbiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Tahun 2023, di bimbing oleh Dr. Septinaningrum, M. Pd. NIDN. 2007098602 Kata Kunci: Media Busy Box, Kognitif Anak Usia Dini 5-6 Tahun Pendidikan sangat penting bagi umat manusia untuk mengembangkan potensi pada diri sehingga menjadi lebih berkualitas. Terlebih pada anak usia dini pendidikan sangat berperan penting untuk perkembangan anak. Perkembangan aspek kognitif sering kurang mendapat perhatian dari guru selaku pendidik. Untuk mengembangkan aspek kognitif anak usia dini perlu menggunakan media pembelajaran penunjang sehingga meningkatkan keberhasilan pembelajaran. Namun kenyataan di lapangan media pembelajaran bagi anak usia dini minim tersedia. Oleh karena itu peneliti mengembangakan media busy box untuk meningkatkan aspek kognitif anak usia dini 5- 6 tahun Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pengembangan pada media busy box untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Nahdlatul Ulama Terpadu Sumbergempol Tulungagung? (2) Mendeskripsikan kelayakan media busy box untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Nahdlatul Ulama Terpadu Sumbergempol Tulungagung?. Metode penelitian dalam skripsi menggunakan R & D (Research and Development) atau penelitian dan pengembangan dengan menggunakan 7 tahap dari model pengembangan Borg and Gall, yaitu tahap potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan revisi produk. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut: 1) Pengembangan media busy box untuk meningkatkan aspek kognitif anak usia dini 5-6 tahun Di RA Nahdlatul Ulama Terpadu Sumbergempol Tulungagung menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang didalamnya hanya menggunakan 7 tahap saja. 2) Kelayakan Media busy box untuk meningkatkan aspek kognitif anak usia dini 5-6 tahun Di RA Nahdlatul Ulama Terpadu Sumbergempol Tulungagung dibuktikan dengan hasil validasi ahli dengan kategori sangat layak. Serta dibuktikan dengan keefektifitasan media berdasarkan uji perorangan, uji kelompok kecil dan uji kelompok besar yang menyatakan adanya perbedaan antara nilai pretest dan posttest serta adanya peningkatan aspek kognitif anak. Dengan hasil yaitu pada uji perorangan nilai pretest yaitu 66,67% dengan kategori BSH dan nilai rata-rata kelas posttest yaitu 86,12% dengan kategori dan pada kelompok besar dengan hasil diperoleh nilai rata-rata kelas pretest yaitu 72,50% dengan kategori BSH dan nilai rata-rata kelas posttest yaitu 82,78% dengan kategori BSB.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > PAUD Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206193030 MARIA NUR FADILA |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 04:13 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 04:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40595 |
Actions (login required)
View Item |