IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA MENULIS DAN BERHITUNG BAGI ANAK KELOMPOK B DI RA HALIMAH ASSA’DIYAH BUNTARAN TULUNGAGUNG

BINTI NUR KHOLIFAH, 12206193044 (2023) IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA MENULIS DAN BERHITUNG BAGI ANAK KELOMPOK B DI RA HALIMAH ASSA’DIYAH BUNTARAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (739kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB)

Abstract

Binti Nur Kholifah. NIM 12206193044. Implementasi Blended Learning dalam Pembelajaran Membaca Menulis dan Berhitung bagi Anak Kelompok B di RA Halimah Assa’diyah Buntaran Tulungagung. Skripsi. Tulungagung: Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Ibu Uswatun Hasanah, S.Pd.I M.Pd. Kata kunci: Implementasi blended learning, pembelajaran membaca menulis dan berhitung, anak kelompok B Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tuntutan kemampuan membaca menulis dan berhitung yang harus dimiliki peserta didik ketika memasuki jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Namun berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Pendidikan Guru Sekolah Dasar pada tahun 2022 menunjukkan bahwa hasil penelitiannya sekitar 43% peserta didik kelas I dan II memiliki kemampuan membaca menulis dan berhitung yang rendah, dan kelas III sekitar 14% memiliki kemampuan yang rendah. Penelitian ini dilakukan di RA Halimah Assa’diyah Buntaran Tulungagung karena disini pembelajaran membaca menulis dan berhitung dilakukan dengan menyesuaikan kebutuhan anak. Sehingga Pembelajaran membaca, menulis dan berhitung di era perkembangan teknologi ini bisa dilakukan secara mudah, karena pembelajaran bisa dikemas secara blended learning. Fokus adalah (1) Bagaimana perencanaan pemelajaran Blended Learning dalam pembelajaran membaca menulis dan berhitung bagi anak Kelompok B? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Blended Learning dalam pembelajaran membaca menulis dan berhitung bagi anak kelompok B? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Blended Learning dalam pembelajaran membaca menulis dan berhitung bagi anak kelompok B?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Blended Learning dalam pembelajaran membaca menulis dan berhitung bagi anak Kelompok B, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Blended Learning dalam pembelajaran membaca menulis dan berhitung bagi anak kelompok B, (3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Blended Learning dalam pembelajaran membaca menulis dan berhitung bagi anak kelompok B. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaknik berupa observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi yang dilakukan di RA Halimah Assa’diyah Buntaran Tulungagung. Analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan hasil penelitian. Pengecekan data menggunakan Triangulasi (Triangulasi sumber, tekhnik, dan waktu), perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencaan pembelajaran membaca menulis dan berhitung dilakukan dengan menyusun RPPH, memilih materi pembelajaran, menyiapkan media pembelajaran. (2) pelaksanaan pembelajaran membaca menulis dan berhitung dilaksanakan di dalam kelas dan di luar kelas yang dilakukan 2 kegiatan yaitu kegiatan luring dan daring dengan menggunakan variasi media supaya pembelajaran lebih menarik dan bermakna.(3) evaluasi pembelajaran yang mana dilakukan harian yang mengacu pada prinsip menyeluruh, berkesinambungan yakni dengan pengamatan, catatan anekdot, hasil karya dan ceklis harian. Yang mana pada evaluasi akhir guru memberikan pertanyaan dan penugasan untuk mengetahui sejauh mana kefahaman anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193044 Binti Nur Kholifah
Date Deposited: 02 Oct 2023 03:47
Last Modified: 02 Oct 2023 03:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40639

Actions (login required)

View Item View Item