KEPEMIMPINAN VISIONER K.H. ASEP SAIFUDDIN CHALIM DAN IBU NYAI HJ. AINA ’AINAUL MARDLIYAH DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING DI LEMBAGA PENDIDIKAN BERBASIS PESANTREN (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet Mojokerto dan Pondok Pesantren Salafi Terpadu Ar-Risalah Lirboyo Kediri)

AINUR ROFIQ, 12601195015 (2023) KEPEMIMPINAN VISIONER K.H. ASEP SAIFUDDIN CHALIM DAN IBU NYAI HJ. AINA ’AINAUL MARDLIYAH DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING DI LEMBAGA PENDIDIKAN BERBASIS PESANTREN (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet Mojokerto dan Pondok Pesantren Salafi Terpadu Ar-Risalah Lirboyo Kediri). [ Disertasi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Ainur Rofiq, NIM. 126011950015, 2022. “Kepemimpinan Visioner Kiai Asep Saifuddin Chalim dan Ibu Nyai Aina ‘Ainaul Mardliyyah Dalam Meningkatkan Daya Saing di Lembaga Pendidikan Berbasis Pesantren” (Studi multisitus di Ponpes Amanatul Ummah dan Ponpes Terpadu Salafi Ar-Risalah Lirboyo Kota Kediri) disertasi, Progran Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Promotor: (1) Prof. Dr. Mujamil Qomar, M.Ag, (2) Dr. H. Nur Efendi, M.Ag. Kata Kunci: Kepemimpinan Visioner, Daya Saing, Pendidikan Berbasis Pesantren Kepemimpinan visioner merupakan kemampuan seorang pemimpin dalam merencanakan, merumuskan, mengomunikasikan dan mengimplementasikan visi yang telah dirumuskan bersama. Lembaga pendidikan berbasis pesantren pada saat ini telah mengalami kemajuan yang sangat signifikan, mampu bersaing dengan lembaga pendidikan yang lain. Lembaga pendidikan berbasis pesantren yang berinovasi akan mampu bersaing dalam pesatnya perkembangan ilmu dan teknologi. Pimpinan pesantren seperti Kiai Asep Saifuddin dan Ibu Nyai ‘Ainaul Mardliyyah memiliki ide-ide kreatif, cemerlang, dan pandangan jauh ke depan sangatlah mampu untuk menjadikan lembaga pendidikan yang dipimpinnya memiliki daya saing. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan secara mendalam terkait: (1) bagaimana kepemimpinan visioner Kiai Asep Saifuddin dan Ibu Nyai ‘Ainaul Mardliyyah mengomunikasikan visi dalam meningkatkan daya saing di lembaga pendidikan berbasis pesantren (2) bagaimana kepemimpinan visioner Kiai Asep Saifuddin dan Ibu Nyai ‘Ainaul Mardliyyah sebagai penentu arah dalam meningkatkan daya saing di lembaga pendidikan berbasis pesantren (3) bagaimana kepemimpinan visioner Kiai Asep Saifuddin dan Ibu Nyai ‘Ainaul Mardliyyah sebagai agen perubahan dalam meningkatkan daya saing di lembaga pendidikan berbasis pesantren, (4) bagaimana kepemimpinan visioner Kiai Asep Saefuddin dan Ibu Nyai Aina sebagai juru bicara dan pelatih dalam meningkatkan daya saing di lembaga pendidikan berbasis pesantren. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis (phenomenological approach) dan rancangan studi multi situs. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik membaca seluruh data, pengodean, saling menghubungkan tema atau diskripsi, dan menginterpretasi makna tema atau diskripsi. Sedangakan cara pengecekan keabsahan data menggunakan teknik kredibilitas, dependenbilitas, transfarbilitas, dan konfirmabilitas. xii Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan visioner Kiai Asep Saifuddin dan Ibu Nyai ‘Ainaul Mardliyyah dalam meningkatkan daya saing di lembaga pendidikan berbasis pesantren dengan cara merujuk pada visi dan misi lembaga pendidikan. Merealisasikan visi dan misi untuk mencapai pendidikan yang unggul dan berkualitas.

Item Type: Disertasi
Subjects: Kepemimpinan
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12601195015 AINUR ROFIQ
Date Deposited: 29 Sep 2023 06:01
Last Modified: 29 Sep 2023 06:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40642

Actions (login required)

View Item View Item