STRATEGI GURU MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PELAJARAN TEMATIK KELAS III DI SDI AL-HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG

IMROATU KOLIFAH, 12205193219 (2023) STRATEGI GURU MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PELAJARAN TEMATIK KELAS III DI SDI AL-HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (967kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (540kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (572kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Menggunakan Media Visual dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Pelajaran Tematik Kelas III di SDI AlHidayah Samir Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Imroatu Kolifah, NIM. 12205193219, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Moh. Arif, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Media Visual, Pemahaman Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang menunjukkan bahwa seorang guru yang tidak menguasai strategi pembelajaran jika penyampaian materi pembelajaran tidak maksimal akan menghambat proses belajar mengajar yang berujung pada tidak tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan. Salah satu strategi yang dapat digunakan guru yaitu dengan media pembelajaran visual. Media visual merupakan alat yang dapat digunakan untuk meminimalisir kesulitan belajar siswa. Oleh karena itu, untuk menciptakan proses pembelajaran yang optimal dan menyenangkan diperlukan cara dan media pembelajaran yang tepat yang memungkinkan siswa menguasai materi selama proses pembelajaran dan membangkitkan minat siswa terhadap materi sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi guru merencanakan penggunaan media visual dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas III pada pelajaran tematik di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung? 2) Bagaimana strategi guru melaksanakan penggunaan media visual dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas III pada pelajaran tematik di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung? 3) Bagaimana Evaluasi penggunaan media visual dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas III pada pelajaran di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian dilakukan di SDI AL-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menerapkan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian: 1) Strategi guru merencanakan penggunaan media visual dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas III pada pelajaran tematik di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung meliputi: mempersiapkan rencana pembelajaran, rubrik penilaian, alat tulis, sumber belajar seperti: menyiapkan buku guru, buku siswa, jurnal, internet, majalah dan guru menyiapkan gambar-gambar yang sesuai dengan materi yang nantinya digunakan sebagai media pembelajaran. 2) Strategi guru melaksanakan penggunaan media visual dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas III pada pelajaran tematik di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung meliputi: menggunakan media visual dalam gambar pembelajaran sesuai RPP, membuat suasana pembelajaran jauh lebih menarik dengan menggunakan media visual. 3) Evaluasi penggunaan media visual dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas III pada pelajaran di SDI AlHidayah Samir Ngunut Tulungagung yaitu: Pertama, evaluasi diagnostik mengenai pemilihan media, permasalahan yang ditemukan terletak pada penyimpanannya. Kedua, evaluasi formatif yaitu dengan memberikan soal remidi dan pengayaan. Ketiga, evaluasi sumatif meliputi: melaksanakan tes tulis, pengamatan sikap, presentasi unjuk kerja/hasil karya objek dengan rubrik penilaian.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193219 Imroatu Kolifah
Date Deposited: 03 Oct 2023 08:18
Last Modified: 03 Oct 2023 08:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40650

Actions (login required)

View Item View Item