KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA BERKEMAMPUAN MATEMATIKA SEDANG PADA MATERI LINGKARAN DI MTsN 3 TULUNGAGUNG DITINJAU DARI GENDER

MUHAMMAD FADILA AKBAR, 12204193202 (2023) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA BERKEMAMPUAN MATEMATIKA SEDANG PADA MATERI LINGKARAN DI MTsN 3 TULUNGAGUNG DITINJAU DARI GENDER. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Berkemampuan Matematika Sedang pada Materi Lingkaran di MTsN 3 Tulungagung Ditinjau dari Gender” ini ditulis oleh Muhammad Fadila Akbar, NIM. 12204193202, pembimbing Nadya Alvi Rahma, S.Pd., M.Si. Kata kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Kemampuan Matematika, Gender Penelitian ini dilatar belakangi dari banyaknya siswa yang masih mengalami kesulitan dalam memahami matematika. Beberapa faktor yang memengaruhi siswa dalam memahami matematika ialah kemampuan penalaran matematis, kemampuan matematika, dan peran gender. Kemampuan penalaran matematis adalah keterampilan dasar yang digunakan untuk memamahami konsep matematika atau merekontruksi pemahaman matematika menggunakan ide-ide yang ada dan prosedur yang fleksibel. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mendeskripsikan 1) kemampuan penalaran matematis siswa laki-laki berkemampuan matematika sedang pada materi lingkaran di MTsN 3 Tulungagung dan 2) kemampuan penalaran matematis siswa perempuan berkemampuan matematika sedang pada materi lingkaran di MTsN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTsN 3 Tulungagung, yang terdiri dari 3 siswa laki-laki berkemampuan matematika sedang dan 3 siswa perempuan berkemampuan matematika sedang yang terpilih dari 28 siswa. Pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) siswa laki-laki berkemampuan matematika sedang masih belum mampu memanuhi semua indikator kemampuan penalaran matematis. 2) siswa perempuan berkemampuan matematika sedang mampu memanuhi semua indikator kemampuan penalaran matematis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Bangun Datar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 09 Oct 2023 07:30
Last Modified: 09 Oct 2023 07:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40659

Actions (login required)

View Item View Item