NUR FITRI LESTARI, 2811123179 (2016) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MAN KUNIR WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
1. Cover, Bagian Awal.pdf Download (916kB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (259kB) | Preview |
|
Text
3. BAB II.pdf Download (424kB) |
||
Text
4. BAB III.pdf Download (178kB) |
||
|
Text
5. BAB IV.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB V.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB VI.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
8. Daftar Rujukan.pdf Download (53kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MAN Kunir Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Nur Fitri Lestari, NIM. 2811123179, pembimbing H. Muh Nurul Huda, M.A. Kata kunci : Pengembangan Pembelajaran, Motivasi Belajar Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan pendidikan yang mampu menumbuhkan dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Guru harus mampu memotivasi siswa, oleh karenanya guru harus mampu memilih metode yang tepat, media, dan juga pengelolaan kelas yang dapat memberikan kenyamanan dan memotivasi siswa dalam belajar. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam mengembangkan metode pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar akidah akhlak siswa di MAN Kunir Wonodadi Blitar? (2) Bagaimana strategi guru dalam memilih media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar akidah akhlak siswa di MAN Kunir Wonodadi Blitar? (3) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN Kunir Wonodadi Blitar? Tujuan penelitian ini yang pertama adalah untuk mengetahui strategi guru dalam mengembangkan metode pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar akidah akhlak siswa di MAN Kunir Wonodadi Blitar, yang kedua untuk mengetahui strategi guru dalam memilih media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar akidah akhlak siswa di MAN Kunir Wonodadi Blitar, dan yang ketiga untuk mengetahui strategi guru akidah akhlak dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN Kunir Wonodadi Blitar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Pola penelitian: deskriptif: teknik pengumpulan data: observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sumber data: sumber data primer dan sumber data sekunder; teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data: perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamatan, dan triangulasi. Setelah penulis mengadakan penelitian, maka pada akhirnya dapat disimpulkan sebagai berikut:1) dalam mengembangkan metode pembelajaran guru menggunakan metode yang bervariasi seperti metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan mengkombinasikan antara metode satu dengan yang lainnya contohnya mengkombinasikan metode diskusi dengan metode ceramah dalam pembelajaran di kelas, 2) dalam memilih media pembelajaran guru menyesuaikan dengan materi yang akan disampaikan, menyesuaikan dengan tujuan dari pembelajaran yang hendak dicapai, mempertimbangkan apakah media itu disukai oleh siswa, 3) strategi yang dilakukan guru dalam pengelolaan kelas yaitu: memberikan pertanyaan-pertanyaan, seperti memberikan pertanyaan-pertanyaan kecil di awal pembelajaran untuk membangkitkan motivasi siswa terhadap materi pelajaran. memberi kebebasan kepada siswa untuk memilih tempat duduk seperti membentuk lingkaran-lingkaran kecil dalam diskusi kelompok.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811123179 NUR FITRI LESTARI |
Date Deposited: | 07 Nov 2016 04:15 |
Last Modified: | 07 Nov 2016 04:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4067 |
Actions (login required)
View Item |