STRATEGI GURU FIQH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH DI MTsN 5 TULUNGAGUNG

BAYU AFRIZAL ROSIAN OCTAVIANO PUTRA, 12201193185 (2023) STRATEGI GURU FIQH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH DI MTsN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Fiqh dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh di MTsN 5 Tulungagung” ditulis oleh Bayu Afrizal Rosian Octaviano Putra, NIM 12201193185, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru Fiqh (Metode, Teknik dan Taktik) Strategi pembelajaran merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan efektif dan efisien. Dalam strategi pembelajaran terkandung makna perencanaan, artinya bahwa strategi pada dasarnya masih bersifat konseptual tentang keputusan- keputusan yang akan diambil dalam suatu pelaksanaan pembelajaran. Guru menerapkan metode, teknik dan taktik pembelajaran yang tepat agar pembelajaran dapat berlangsung efektif dan efisien. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana metode pembelajaran guru fiqh dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqh di MTsN 5 Tulungagung? (2) Bagaimana teknik pembelajaran guru fiqh dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqh di MTsN 5 Tulungagung? (3) Bagaimana taktik pembelajaran guru fiqh dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqh di MTsN 5 Tulungagung ? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan metode pembelajaran guru fiqh dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqh di MTsN 5 Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan teknik pembelajaran guru fiqh dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqh di MTsN 5 Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan taktik pembelajaran guru fiqh dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqh di MTsN 5 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis data deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kualitatif dengan alur kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verivikasi. Hasil penelitian ini adalah (1) metode pembelajaran guru fiqh dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqh di MTsN 5 Tulungagung adalah dengan menerapkan tiga metode pembelajaran yaitu: metode pembelajaran ceramah, metode pembelajaran demonstrasi, dan metode pembelajaran diskusi. (2) Teknik pembelajaran guru fiqh dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqh di MTsN 5 Tulungagung adalah dengan menerapkan teknik pembelajaran: teknik pembelajaran dengan gerakan badan, teknik pembelajaran demonstrasi dengan memperagakan gerakan dan bacaan sholat lalu membuat jadwal untuk praktek sholat secara bergantian kepada siswa, dan teknik kelompok diskusi dengan mencampur siswa yang relatif pasif dengan siswa yang relatif aktif di kelas dalam satu kelompok. (3) Taktik pembelajaran guru fiqh dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqh di MTsN 5 Tulungagung adalah: menggunakan taktik pembelajaran dengan menyelipkan kalimat humor untuk menarik perhatian siswa, taktik pembelajaran dengan penyampaian materi dengan video dan media digital, dan taktik pembelajaran dengan menggunakan game.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193185 Bayu Afrizal Rosian Octaviano Putra
Date Deposited: 04 Oct 2023 03:25
Last Modified: 04 Oct 2023 03:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40674

Actions (login required)

View Item View Item