ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA PADA KOMUNIKASI SISWA KELAS VII E DI MTSN 8 TULUNGAGUNG

MUHAMMAD LAZIM YUSUF, 12210193081 (2023) ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA PADA KOMUNIKASI SISWA KELAS VII E DI MTSN 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (388kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul ―Analisis Kesantunan Berbahasa pada Komunikasi SiswaKelas VII E di MTs Negeri 8 Tulungagung‖ ini ditulis oleh Muhammad Lazim Yusuf,Nim 12210193081. Skripsi Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Tarbiyah dan IlmuKeguruan. Universitas Islam negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN) Satu Tulungagung.Pembimbing Titik Dwi Ramthi Hakim, M.Pd.Kata Kunci: Analisis, Kesantunan Berbahasa, KomunikasiKesantunan berbahasa adalah cara berbahasa dengan tuturan yang menghormatidan menghargai dengan memperhatikan konteks, status, dan jarak sosial mitra tutur.Kesantunan berbahasa tercermin dalam tata cara berkomunikasi verbal atau tata caraberbahasa. Santun tidaknya bahasa bisa dilihat dari dua hal, pemilihan kata (diksi) dangaya bahasa, kesanggupan memilih kata seorang penutur dapat menjadi salah satupenentu santun tidaknya bahasa yang digunakan. Di dalam kesantunan berbahasa, jugaterdapat suatu prinsip kesantunan yang berguna untuk mengukur santun tidaknya suatututuran tersebut, prinsip tersebut terdiri dari maksim kebijaksanaan, maksimkedermawanan, maksim penghargaan, maksim kesimpatian, maksim kesederhanaan,maksim pemufakatan.Penelitian ini difokuskan pada kesantunan berbahasa siswa Kelas VII E saatberkomunikasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui wujudkesantunan berbahasa pada komunikasi siswa kelas VII e di MTsN 8 tulungagung,faktor yang memengaruhi kesantunan berbahasa siswa kelas VII E di MTsN 8Tulungagung, dan implementasi kesantunan berbahasa pada pembelajaran bahasaidonesia kelas VII teks deskripsi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptifkualitatif. Sumber data berasal dari komunikasi siswa. Teknik pengumpulan data yangdigunakan adalah teknik rekam, teknik transkripsi, teknik catat. Analisis data yangdilakukan adalah dengan cara menganalisis rekaman yang direkam pada saat siswaberkomunikasi, mencatat ujaran siswa, setelah itu mentranskripsikan.Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa komunikasi yang mematuhi teoriprinsip kesantunan Leech, adalah maksim kebijaksanaan ada 3 tuturan, maksimkedermawanan ada 3 tuturan, maksim penghargaan ada 3 tuturan, maksim kesimpatianada 7 tuturan, maksim kesederhanaan ada 6 tuturan, maksim pemufakatan ada 6 tuturan.Tuturan yang tidak mematuhi prinsip kesantunan berbahasa adalah maksim kesimpatianada 3 tuturan, maksim kesederhanaan ada 1 tuturan, maksim pemufakatan ada 2 tuturan.Faktor yang memengaruhi kesantunan berbahasa siswa kelas VII e ada 2, faktor internaldan faktor eksternal. Agar penelitian ini bisa bermanfaat bagi siswa, penelitimewawancarai salah satu guru yang mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia,kesantunan berbahasa dikaitkan dengan materi teks deskripsi kelas VII.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: TEGAR WICAHYO
Date Deposited: 04 Oct 2023 07:36
Last Modified: 04 Oct 2023 07:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40695

Actions (login required)

View Item View Item