PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETRAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN BAGI SISWA KELAS X MAN 1 TRENGGALEK

NUR IFANI KHOIRUNNISA, 12211193005 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETRAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN BAGI SISWA KELAS X MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (421kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (66kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Terbarukan Kelas X MAN 1 Trenggalek” ditulis oleh Nur Ifani Khoirunnisa, NIM. 12211193005, pembimbing Nani Sunarmmi, S.Si., M.Sc. Kata kunci: Discovery Learning, ketrampilan berpikir kritis, hasil belajar. Pembelajaran fisika mengandung banyak teori, hitungan, konsep dan pemecahan masalah. Di MAN 1 Trenggalek permasalahan dari siswanya sendiri yaitu terdapat di daya tangkap berpikir masing-masing ketika proses belajar mengajar berlangsung bahwa daya pikir siswa satu dan yang lainnya masih dikatakan standar. Penyebab rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa ini diduga karena guru belum mengetahui macam-macam model pembelajaran yang dapat membuat siswa turut serta aktif dalam proses pembelajaran seperti aktif bertanya, menjawab pertanyaan, dan mengemukakan pendapat. Berdasarkan hasil observasi, dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan metode konvensional. Salah satu model pembelajaran yang menuntut keterlibatan siswa aktif dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran melalui penemuan (discovery). Model ini bertujuan untuk mengembangkan cara belajar siswa aktif dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri, maka hasil yang diperoleh akan setia dan tahan lama dalam ingatan, tidak akan mudah dilupakan siswa. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap ketrampilan berpikir kritis siswa pada materi energi terbarukan. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learninf terhadap hasil belajar siswa pada materi energi terbarukan. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap ketrampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi energi terbarukan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MAN 1 Trenggalek. Sampel penelitian ini meliputi kelas X-I sebagai kelas eksperimen dan kelas X-C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data terdiri atas tes dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan yaitu Non Probability Sampling yang menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis data hipotesis menggunakan uji Man Whitney, Independenn Sample T-Test, Kruskal Wallis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap ketrampilan berpikir kritis siswa pada materi energi terbarukan bagi siswa kelas X MAN 1 Trenggalek tidak ada pengaruh signifikan berdasarkan uji Mann Whitney diperoleh nilai Aaymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.118. Karena signifikansinya 0.05 maka H_aditolak H_0diterima. (2) Penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi energi terbarukan bagi siswa kelas X MAN 1 Trenggalek tidak ada pengaruh signifikan berdasarkan uji t diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.106. Karena signifikansinya 0.05 maka H_aditolak H_0diterima. (3) Penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap ketrampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi energi terbarukan bagi siswa kelas X MAN 1 Trenggalek tidak ada pengaruh signifikan berdasarkan uji Kruskal Wallis diperoleh Chi-Square pada ketrampilan berpikir kritis 2,439 > 0,988 sedangkan pada hasil belajar 2,800 > 0,988 maka H_aditolak H_0diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211193015 Jayanti Ryan Pratiwi
Date Deposited: 04 Oct 2023 08:00
Last Modified: 04 Oct 2023 08:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40706

Actions (login required)

View Item View Item