PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK MIN 7 TULUNGAGUNG

ULFA KHABIBATUL FUADIYAH, 12205193194 (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (959kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Peserta Didik MIN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Ulfa Khabibatul Fuadiyah, NIM. 12205193194, Pembimbing Dr. Muniri, M.Pd, NIP. 196811302006041009. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik. Rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan karena pembelajaran yang disampaikan guru monoton, peserta didik kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan peserta didik menjadi jenuh dan bosan di dalam kelas, ditandai dengan peserta didik sering izin keluar kelas, berbicara sendiri ketika pembelajaran, dan sering dijumpai peserta didik yang tidur saat proses pembelajaran berlangsung. Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar peserta didik banyak yang mendapat nilai dibawah KKM yang telah ditentukan. Berdasarkan permasalahan ini, peneliti melakukan penelitian mengenai penerapana strategi pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Fokus penelitian penelitian ini sebagai berikut: (1) Bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran kontekstual yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V di MIN 7 Tulungagung? (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V dengan penerapan strategi pembelajaran kontekstual di MIN 7 Tulungagung?. Jenis penelitian yang digunakan Penilaian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Dengan metode wawancara, dokumentasi, observasi, catatan lapangan, dan tes. Wawancara digunakan untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik. Metode tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Sedangkan catatan lapangan dan dokumentasi digunakan sebagai bahan referensi tambahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran ini dimulai dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Pada penelitian ini juga menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar Matematika setelah diterapkannya strategi pembelajaran kontekstual. Pada siklus I nilai rata-rata kelas 69,76 peserta didik yang mendapat nilai ≥70 sebanyak 16 peserta didik (64%) dan yang mendapatkan nilai ˂70 sebanya 9 peserta didik (36%). Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 81,76 peserta didik yang mendapat ≥70 sebanyak 23 peserta didik (92%) dan yang mendapatkan nilai ˂70 sebanya 2 peserta didik (8%). Dengan demikian pada rata-rata hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II, mengalami peningkatan yaitu sebesar 12% begitu pula pada ketuntasan belajar Matematika terjadi peningkatan sebesar 24% dari siklus I ke siklus II.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193159 ALIFIA ANGGI WAHYU PUTRI
Date Deposited: 05 Oct 2023 04:01
Last Modified: 05 Oct 2023 04:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40712

Actions (login required)

View Item View Item