PROFIL KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMAN 1 NGUNUT PADA MATERI SISTEM KOLOID

MOCH. EFINNUDIN ZUKHRI, 12212183017 (2023) PROFIL KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMAN 1 NGUNUT PADA MATERI SISTEM KOLOID. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (914kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (878kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (479kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (347kB) | Preview

Abstract

Kimia mata pelajaran di SMA/MA yang mempelajari tentang komposisi, struktur, sifat dan perubahan zat yang melibatkan keterampilan serta penalaran. Literasi sains (kimia) diperlukan agar siswa mampu menganalisis pertanyaan secara ilmiah untuk memperoleh pengetahuan baru. Literasi sains adalah suatu potensi atau kemampuan yang dimiliki seseorang dalam menggunakan ilmu sains, menyelidiki dan mengidentifikasi suatu fenomena alam. Namun, pada faktanya kemampuan literasi sains siswa di Indonesia tergolong rendah. Materi sistem koloid juga memiliki hubungan dengan aspek lieterasi sains. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa SMAN 1 Ngunut kelas XII pada materi sistem koloid. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitaif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 27 siswa kelas XII MIPA 6 di SMAN 1 Ngunut. Dilakukan pemberian instrumen tes berupa soal uraian (essay) sebanyak 10 butir soal. Instrumen divalidasi oleh 2 dosen ahli dan 1 guru kimia, mendapatkan hasil validitas 94,1%. Reliabilitas soal diukur menggunakan alpha cronbach sebesar 0,771 dengan kategori tinggi. Jawaban dianalisis dan dikategorikan berdasarkan kriteria literasi sains. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata kemampuan literasi sains siswa SMAN 1 Ngunut sebesar 41,00% termasuk dalam kategori rendah. Sisanya mendapatkan hasil 4,00% kategori sangat tinggi, 33,00% kategori sedang, 22,00% kategori sangat rendah. Selain itu, jawaban siswa juga dapat dikelompokkan berdasarkan level literasi sains dari PISA sebagai berikut (1) level scientific literacy siswa masih belum paham akan ilmu sains dengan persentase 8,15%, (2) level nominal scientific literacy siswa mampu untuk mengenali suatu konsep sains dengan persentase 38,15%, (3) level functional scientific literacy kurangnya pemahaman siswa untuk mengeksplor ilmu sains dengan pengetahuan umum, level dengan persentase tertinggi 44,45%, (4) ditemukan siswa yang mampu mengaitkan ilmu sains dengan pengetahuan umum atau fenomena alam kehidupan sehari-hari yang mana pada level ini disebut conceptual scientific literacy dengan persentase 9,25%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12208183045 Ahmad Faza Zulfikar
Date Deposited: 04 Oct 2023 08:11
Last Modified: 04 Oct 2023 08:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40722

Actions (login required)

View Item View Item