PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA ANGGOTA KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI MAN 2 BLITAR

ZULFA LAILI NUGROHANI QODRUNNADA, 12209193086 (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA ANGGOTA KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI MAN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (665kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (454kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Kerjasama Anggota Kelompok Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di Man 2 Blitar”. Di tulis oleh Zulfa Laili Nugrohani Qodrunnada, NIM. 12209193086, Pembimbing Bagus Setiawan.M.Pd. Kata Kunci: Penerapan Media Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization, Kerjasama Anggota Kelompok, Ekonomi Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan peserta didik dalam memahami pembelajaran baik secara individu maupun berkelompok sehingga berdampak terhadap kerjasama anggota kelompok peserta didik. dengan adanya permasalahan tersebut guru berinovasi untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif TAI, untuk meningkatkan kerjasama anggota kelompok. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah: 1) Bagaimana langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe TAI untuk meningkatkan kerjasama anggota kelompok pada mata pelajaran ekonomi kelas X di MAN 2 Blitar? 2) Apa faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe TAI untuk meningkatkan kerjasama anggota kelompok pada mata pelajaran ekonomi kelas X di MAN 2 Blitar?, 3) Bagaimana hasil pelaksanaan kooperatif tipe TAI untuk meningkatkan kerjasama anggota kelompok pada mata pelajaran ekonomi kelas X di MAN 2 Blitar?. Selain itu terdapat tujuan penelitian yaitu: 1)Untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe TAI untuk meningkatkan kerjasama anggota kelompok pada mata pelajaran ekonomi kelas X di MAN 2 Blitar, 2) Untuk mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe TAI untuk meningkatkan kerjasama anggota kelompok pada mata pelajaran ekonomi kelas X di MAN 2 Blitar, 3) Untuk mengetahui bagaimana dampak pelaksanaan kooperatif tipe TAI untuk meningkatkan kerjasama anggota kelompok pada mata pelajaran ekonomi kelas X di MAN 2 Blitar. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui fenomena tentang apa yang terjadi dilapangan. Jenis penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Langkah-langkah pelaksanaan model kooperatif tipe TAI memiliki beberapa tahap yang harus dipersiapkkan agar pembelajaran berjalan secar terstruktur yaitu: menyusun RPP, menentukan materi pembelajaran, menyiapkan penugasan, menentukan strategi pembelajaran, menyususn jadwal pelaksanaan, memberikan pengawasan, menguji hasil penugasan dan memberika evaluasi. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran terdapat faktor pendukung yaitu tersedianya sarana dan prasarana yang mewadahdi, sedangkan faktor penghambat yaitu terkendalanya sarana dan prasarana yang ada serta kurangnya fokus pemahaman peserta didik saat pembelajaran. 3) Dampak dalam pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI menjelaskan bahwa adanya peningkatan dalam pemahaman peserta didik serta adanya peningkatan dalam kerjasama anggota kelompok.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193086 Zulfa Laili Nugrohani Qodrunnada
Date Deposited: 05 Oct 2023 06:19
Last Modified: 05 Oct 2023 06:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40757

Actions (login required)

View Item View Item