UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SHOLAT SISWA DI SDN KALANGBRET TULUNGAGUNG

MUHHIB MUSHAFI, 17201153093 (2023) UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SHOLAT SISWA DI SDN KALANGBRET TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (548kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB) | Preview

Abstract

Muhhib Mushafi NIM.17201153093. “Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Kemampuan Shalat Siswa di SDN Kalangbret Tulungagung“ Jurusan Pendidikan Anak usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah, Pembimbing: Dr. Hj. Anin Nurhayati, M.Pd.I. Kata Kunci: Upaya Guru, Pendidikan Agama Islam, Kemampuan Sholat Upaya membangun dan menciptakan peserta didik yang mampu menjalankan kewajiban-kewajiban yang diberikan khususnya dalam hal ibadah shalat dengan baik dan benar, sangatlah penting keberadaan pendidikan agama Islam yaitu melalui usaha – usaha yang dilakukan guru agama terutama guru Pendidikan Agama Islam dalam proses meningkatkan atau memperbaiki kemampuan yang berkaitan dengan hal shalat. Pertanyaan penelitian: 1) Bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan Shalat siswa di SDN Kalangbret? 2) Apa kendala dan solusi guru PAI yang dilakukan dalam upaya meningkatkan kemampuan shalat siswa di SDN Kalangbret? Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu data yang diperolah berupa kata-kata yang kemudian berusaha dideskripsikan dan di interprestasikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian didapatkan: Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam pembiasaan karakter religius siswa untuk meningkatkan kemampuan Sholat siswa adalah dengan memberikan teladan dan contoh kepada siswanya secara langsung, memberikan nasihat, melakukan pembiasaan shalat berjamaah di sekolah bersamasama, memberikan sanksi bagi siswa yang malas dan memberikan nilai tambahan bagi siswa yang rajin. Kendala dan solusi guru Pendidikan Agama Islam yang dilakukan dalam upaya meningkatkan kemampuan sholat siswa adalah kurang luasnya mushola dan tempat wudhu yang ada di sekolah sehingga pelaksanaan sholat dijadwal bergantian, perilaku siswa dapat diberikan solusi dengan cara memberikan sanksi bagi siswa yang tidak melaksanakan jamaaah shalat tanpa izin, kurangnya pemahaman siswa diberikan solusi dengan pemahaman oleh guru Pendidikan Agama Islam dan kultum, Tindak lanjut pengawasan dari lingkungan keluarga yang masih kurang dengan mengadakan pertemuan dengan pihak orang tua dan membicarakan perkembangan anak didik selama belajar di sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan
Pendidikan Islam
Fiqih > Sholat
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153093 MUHHIB MUSHAFI
Date Deposited: 06 Oct 2023 06:34
Last Modified: 06 Oct 2023 06:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40786

Actions (login required)

View Item View Item