MUFIDATUL LUTVIANA, 12204193090 (2023) PENGARUH PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMKN 1 UDANAWU TAHUN AJARAN 2022/2023. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (627kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (362kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (246kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pemahaman Konseptual dan Disposisi Matematis Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMKN 1 Udanawu Tahun Ajaran 2022/2023” ini ditulis oleh Mufidatul Lutviana, NIM. 12204193090, pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M. Pd. Kata Kunci : Pemahaman Konseptual, Disposisi Matematis, Hasil Belajar Faktor yang dapat memengaruhi hasil belajar matematika siswa diantaranya adalah terkait dengan kemampuan siswa dalam memahami konsep- konsep matematika dan sikap positif siswa terhadap mata pelajaran matematika atau yang biasa dikenal dengan istilah disposisi matematis. Proses pembelajaran matematika membutuhkan pemahaman yang baik secara konsepnya. Pemahaman konsep merupakan kemampuan siswa untuk dapat mengungkapkan kembali apa yang telah diperolehnya sehingga orang lain dapat mengerti terhadap apa yang disampaikan. Selain pemahaman konseptual, disposisi matematis juga diperlukan dalam proses pembelajaran agar siswa memiliki kesadaran akan pentingnya pembelajaran matematika dan memiliki kepercayaan diri dalam belajar matematika. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh pemahaman konseptual terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMKN 1 Udanawu (2) Untuk mengetahui pengaruh disposisi matematis terhadap hasil belajar siswa kelas kelas X di SMKN 1 Udanawu. (3) Untuk mengetahui pengaruh pemahaman konseptual dan hasil belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMKN 1 Udanawu Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian non eksperimen yaitu asosiatif. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X di SMKN 1 Udanawu. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dengan sampel penelitian yaitu kelas X BDP 3 yng terdiri dari 36 siswa. Teknik pengambilan data yaitu dengan menggunakan angket dan tes. Analisis yang digunakan peneliti yaitu menggunakan analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan antara pemahaman konseptual terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMKN 1 Udanawu sebesar 66,8%. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara disposisi matematis terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMKN 1 Udanawu sebesar 33,2%. (3) Ada pengaruh yang signifikan secara simultan antara pemahaman konseptual dan disposisi matematis terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMKN 1 Udanawu sebesar 73,7%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Matematika Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1 Bismillah |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 04:03 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 04:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40860 |
Actions (login required)
View Item |