PENGARUH PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMKN 1 UDANAWU TAHUN AJARAN 2022/2023

MUFIDATUL LUTVIANA, 12204193090 (2023) PENGARUH PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMKN 1 UDANAWU TAHUN AJARAN 2022/2023. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pemahaman Konseptual dan Disposisi Matematis Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMKN 1 Udanawu Tahun Ajaran 2022/2023” ini ditulis oleh Mufidatul Lutviana, NIM. 12204193090, pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M. Pd. Kata Kunci : Pemahaman Konseptual, Disposisi Matematis, Hasil Belajar Faktor yang dapat memengaruhi hasil belajar matematika siswa diantaranya adalah terkait dengan kemampuan siswa dalam memahami konsep- konsep matematika dan sikap positif siswa terhadap mata pelajaran matematika atau yang biasa dikenal dengan istilah disposisi matematis. Proses pembelajaran matematika membutuhkan pemahaman yang baik secara konsepnya. Pemahaman konsep merupakan kemampuan siswa untuk dapat mengungkapkan kembali apa yang telah diperolehnya sehingga orang lain dapat mengerti terhadap apa yang disampaikan. Selain pemahaman konseptual, disposisi matematis juga diperlukan dalam proses pembelajaran agar siswa memiliki kesadaran akan pentingnya pembelajaran matematika dan memiliki kepercayaan diri dalam belajar matematika. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh pemahaman konseptual terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMKN 1 Udanawu (2) Untuk mengetahui pengaruh disposisi matematis terhadap hasil belajar siswa kelas kelas X di SMKN 1 Udanawu. (3) Untuk mengetahui pengaruh pemahaman konseptual dan hasil belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMKN 1 Udanawu Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian non eksperimen yaitu asosiatif. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X di SMKN 1 Udanawu. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dengan sampel penelitian yaitu kelas X BDP 3 yng terdiri dari 36 siswa. Teknik pengambilan data yaitu dengan menggunakan angket dan tes. Analisis yang digunakan peneliti yaitu menggunakan analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan antara pemahaman konseptual terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMKN 1 Udanawu sebesar 66,8%. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara disposisi matematis terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMKN 1 Udanawu sebesar 33,2%. (3) Ada pengaruh yang signifikan secara simultan antara pemahaman konseptual dan disposisi matematis terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMKN 1 Udanawu sebesar 73,7%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1 Bismillah
Date Deposited: 12 Oct 2023 04:03
Last Modified: 12 Oct 2023 04:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40860

Actions (login required)

View Item View Item