EFEKTIVITAS BLOKING SYSTEM TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM JURUSAN TKRO SMKN 1 UDANAWU

MUHAMMAD FAHRI ALFIAN, 12201193280 (2023) EFEKTIVITAS BLOKING SYSTEM TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM JURUSAN TKRO SMKN 1 UDANAWU. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER TEKS.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
BAN VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (191kB)

Abstract

Muhammad Fahri Alfian, 12201193280, 2023, “Efektivitas Bloking System Terhadap Hasil Belajar Pendidiakan Agama Islam di SMKN 1 Udanawu” Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr.Hj.Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci : Efektifitas,Bloking System,Hasil Belajar PAI Penelitian ini di latar belakanngi oleh penggunaan sistem blok dalam pembelajaran di SMKN 1 Udanawu pada saat Pelaksanaan Magang II. Sistem blok yang diterapkan di sekolah ini membagi mata pelajaran menjadi dua blok yang berbeda. Blok A, atau blok normatif, terdiri dari mata pelajaran umum yang diajarkan di berbagai sekolah. Sementara itu, blok B, atau blok produktif, berfokus pada mata pelajaran kejuruan yang menekankan praktik di bidang tertentu. Salah satu kekhawatiran yang dikemukakan oleh Schott adalah bahwa kemampuan siswa untuk mengingat hasil belajar dapat terpengaruh karena mereka hanya mempelajari mata pelajaran tertentu dalam satu minggu dan kemudian tidak membahasnya lagi pada minggu-minggu berikutnya. Dengan hal ini, peneliti menjadi tertarik untuk melakukan penelitian tentang efektifitas bloking system terhadap hasil belajar Pendidikan Agma Islam di SMKN 1 Udanawu. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektivitas Bloking System terhadap hasil belajar afektif mata pelajaran PAI di SMKN 1 Udanawu? (2)Bagaimana efektivitas Bloking System terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran PAI di SMKN 1 Udanawu? (3) Bagaimana efektivitas Bloking System terhadap hasil belajar psikomotorik mata pelajaran PAI di SMKN 1 Udanawu?( 4) Bagaimana efektivitas Bloking System terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI di SMKN 1 Udanawu? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian non eksperimen dengan metode ex post facto. Teknik menggunakan Clauster Random Smpling. Populasi pada penelitian ini seluruh kelas XI TKRO 2 SMKN 1 Udanawu tahun pelajaran 2022/2023. Dengan pengambilan sampel menggunakan Simple Random Smpling karena sampel yang diambil adalah peserta didik kelas XI TKRO 2 berjumlah 36 peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan jumlah item sebanyak 35 pertanyaan untuk pengambilan data Efektivitas Bloking System pada peserta didik dan untuk hasil belajar peserta didik didapat dari dokumentasi nilai raport sebelum dan sesudah pelaksanaan bloking system. Teknik analisis data yang digunakan uji T dan N-Gain yang sebelumnya di uji prasyarat yaitu normalitas, homogenitas dan linieritas dengan bantuan SPSS.23. Penelitian ini menujukkan bahwa (1) Hasil uji T diperoleh nilai Sig. sebesar 0,273. Nilai Sig. > 0,05 maka H 0 di terima, artinya tidak ada pengaruh Efektivitas Bloking System terhadap hasil belajar Afektif peserta didik dengan hasil N-Gain score0.0939 atau 9%, yang termasuk dalam kategori tidak efektif.(2) Hasil uji T diperoleh nilai Sig. sebesar 0,00. Nilai Sig. <0,05 maka H 0 di tolak , artinya ada pengaruh Efektivitas Bloking System terhadap hasil belajar kognitif peserta didik dengan hasil N-Gain score 24%yang termasuk dalam kategori tidak efektif.. (3) Hasil uji T diperoleh nilai Sig. sebesar 0,00. Nilai Sig. <0,05 maka H 0 di tolak , artinya ada pengaruh Efektivitas Bloking System terhadap hasil belajar Psikomotorik peserta didik dengan hasil N-Gain score 33% yang termasuk dalam kategori tidak efektif. .(4) Hasil uji manova diperoleh nilai Sig. sebesar 0,095. Nilai Sig. >0,05 maka H 0 di terima , artinya tidak ada pengaruh Efektivitas Bloking System terhadap hasil belajar peserta didik dengan hasil N-Gain score 21% yang termasuk dalam kategori tidak efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193280 MUHAMMAD FAHRI ALFIAN
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:33
Last Modified: 02 Nov 2023 02:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40862

Actions (login required)

View Item View Item