RIYA INTAN HARIYANTI, 12206183102 (2023) PENGGUNAAN MEDIA BONEKA JARI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA 3 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN AULAADDUNA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (629kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI (2).pdf Download (536kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (560kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (838kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (605kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penggunaan Media Boneka Jari Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia 3 Tahun Di Kelompok Bermain Aulaadduna” yang ditulis oleh Riya Intan Hariyanti NIM. 12206183102, Pembimbing Dr. Hj. Luluk ‘atirotu Zahroh, M.Pd. Kemampuan berbahasa anak usia dini masih rendah ditandai dengan gejala-gejala yang terlihat seperti anak masih ragu-ragu dalam berbicara dan berinteraksi dengan orang lain, anak masih kesulitan dalam menyampaikan sesuatu hal yang ingin disampaikan, anak masih takut ketika ingin menyampaikan gagasan, pikiran dan kehendaknya. Hal ini terlihat pada Kelompok Bermain Aulaadduna Maka untuk meningkatkan itu digunakan media boneka jari sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran dengan media boneka jari yang dilakukan meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak usia dini, (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan media boneka jari yang dilakukan meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak usia dini, dan (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran dengan media jari yang dilakukan meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak usia dini Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus. Subjek penelitian berjumlah 3 subjek yang terdiri dari kepala sekolah, dan dua guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Proses perencanaan dalam meningkatkan kemampuan berbahasa memakai media boneka jari pada anak usia dini ini dimulai dari penyusunan program semester, Program mingguan, dan Program harian, dan juga perencanaan media (2) Proses pelaksanaan pembelajaran kegiatan dengan menggunakan media boneka ini terbagi menjadi 4 kegiatan yaitu (a) kegiatan sebelum pembelajaran, (b) kegaitan awal (c) kegiatan inti dengan media boneka yang melibatkan anak, dan (d) kegiatan penutup, dan (3) Proses evaluasi dilakukan beberapa tahap yaitu (a) perencanaan penilaian, (b) pelaksanaan penilaian dengan menggunakan anekdot (c) pelaporan penilaian dengan menggunakan raport, dan (d) Pengelolaan dan Tinjak lanjut hasil Penelitian Kata Kunci: Kemampuan Berbahasa, Media Boneka Jari, Anak Usia Dini
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | Dwiyanti Reni |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 09:18 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 09:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40869 |
Actions (login required)
View Item |