PENGGUNAAN MEDIA BONEKA JARI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA 3 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN AULAADDUNA

RIYA INTAN HARIYANTI, 12206183102 (2023) PENGGUNAAN MEDIA BONEKA JARI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA 3 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN AULAADDUNA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (629kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI (2).pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (560kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (605kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penggunaan Media Boneka Jari Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia 3 Tahun Di Kelompok Bermain Aulaadduna” yang ditulis oleh Riya Intan Hariyanti NIM. 12206183102, Pembimbing Dr. Hj. Luluk ‘atirotu Zahroh, M.Pd. Kemampuan berbahasa anak usia dini masih rendah ditandai dengan gejala-gejala yang terlihat seperti anak masih ragu-ragu dalam berbicara dan berinteraksi dengan orang lain, anak masih kesulitan dalam menyampaikan sesuatu hal yang ingin disampaikan, anak masih takut ketika ingin menyampaikan gagasan, pikiran dan kehendaknya. Hal ini terlihat pada Kelompok Bermain Aulaadduna Maka untuk meningkatkan itu digunakan media boneka jari sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran dengan media boneka jari yang dilakukan meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak usia dini, (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan media boneka jari yang dilakukan meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak usia dini, dan (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran dengan media jari yang dilakukan meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak usia dini Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus. Subjek penelitian berjumlah 3 subjek yang terdiri dari kepala sekolah, dan dua guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Proses perencanaan dalam meningkatkan kemampuan berbahasa memakai media boneka jari pada anak usia dini ini dimulai dari penyusunan program semester, Program mingguan, dan Program harian, dan juga perencanaan media (2) Proses pelaksanaan pembelajaran kegiatan dengan menggunakan media boneka ini terbagi menjadi 4 kegiatan yaitu (a) kegiatan sebelum pembelajaran, (b) kegaitan awal (c) kegiatan inti dengan media boneka yang melibatkan anak, dan (d) kegiatan penutup, dan (3) Proses evaluasi dilakukan beberapa tahap yaitu (a) perencanaan penilaian, (b) pelaksanaan penilaian dengan menggunakan anekdot (c) pelaporan penilaian dengan menggunakan raport, dan (d) Pengelolaan dan Tinjak lanjut hasil Penelitian Kata Kunci: Kemampuan Berbahasa, Media Boneka Jari, Anak Usia Dini

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: Dwiyanti Reni
Date Deposited: 13 Oct 2023 09:18
Last Modified: 13 Oct 2023 09:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40869

Actions (login required)

View Item View Item