SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DITINJAU DARI TEORI NEWMAN KELAS VIII SMPN 1 KENDAL

DELIMA CHRISNA PRIYADITA, 12204193005 (2023) SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DITINJAU DARI TEORI NEWMAN KELAS VIII SMPN 1 KENDAL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (767kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Scaffolding Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau Dari Teori Newman Kelas VIII di SMPN 1 Kendal” ini ditulis oleh Delima Chrisna Priyadita, NIM. 12204193005, Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Scaffolding, Kemampuan Literasi Numerasi, Teori Newman Scaffolding adalah bantuan secara bertahap dari pendidik yang diberikan kepada peserta didik untuk membantu mengatasi suatu tugas sehingga peserta didik dapat memahami dan menyelesaikannya sendiri. Konsep literasi numerasi berkaitan erat dengan beberapa konsep yang terdapat dalam pembelajran matematika. Proses ini berkaitan dengan merumuskan masalah di kehidupan nyata kedalam bahasa matematika untuk dapat diselesaikan. Berdasarkan temuan di lapangan menunjukkan masih banyak peserta didik yang mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal. Dengan teori Newman yang memiliki kreadibitas yang paling tinggi akan dapat membantu siswa yang masih mengalami kesulitan yang menyebabkan kesalahan dalam menyelesaikan soal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Kemampuan literasi numerasi materi SPLDV peserta didik SMP Negeri 1 Kendal. (2) Bentuk kesalahan literasi numerasi peserta didik materi SPLDV ditinjau dari teori Newman. (3) Bentuk scaffolding yang diberikan kepada peserta didik ketika melakukan kesalahan literasi numerasi materi SPLDV ditinjau dari teori Newman. (4) Bahwa pemberian scaffolding dapat mengatasi kesalahan literasi numerasi materi SPLDV ditinjau dari teori Newman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kendal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan literasi numerasi dan wawancara. Proses analisis data mulai dari reduksi data, paparan data, sampai dengan menarik kesimpulan dan verifikasi data. Untuk pengecekan keabsahan temuan dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan literasi numerasi di SMP Negeri 1 Kendal tergolong rendah. (2) Bentuk kesalahan literasi numerasi peserta didik yaitu, kesalahan membaca soal,kesalahan memahami soal, kesalahan mentransformasikan soal, kesalahan kemampuan proses, dan kesalahan menuliskan jawaban. (3) Pada kesalahan membaca soal scaffolding yang dilakukan adalah dengan reviewing dan explaining, pada kesalahan memahami soal, keterampilan proses, dan penarikan kesimpulanscaffolding yang dilakukan adalah dengan reviewing, explaining dan restructuring, pada kesalahan dalam transformasi soal scaffolding yang dilakukan adalah dengan reviewing dan restructuring, (4) Scaffolding dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik SMP Negeri 1 Kendal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Linear
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193005 Delima Chrisna Priyadita
Date Deposited: 16 Oct 2023 04:35
Last Modified: 16 Oct 2023 04:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40876

Actions (login required)

View Item View Item