MIFTAHUL HUDA, 12205173091 (2023) KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN VIRTUAL DARI RUMAH (VDR) DENGAN MEDIA GADGET SISWA MIN 2 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (287kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (431kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (615kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (720kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (588kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (9kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (396kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Keterlibatan Orang Tua dalam Pembelajaran Virtual Dari Rumah (VDR) dengan Media Gadget Siswa MIN 2 Blitar” ini ditulis oleh MIFTAHUL HUDA, NIM. 12205173091, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Uiversitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh ibu Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata kunci: Keterlibatan orang tua, Pembelajaran virtual, Media gadget Penelitian ini dilatar belakangi oleh naik turunya minat siswa ketika pembelajaran virtul dari rumah dengan media gadget selama masa pandemi. Keterlibatan orangtua dalam meningkatkan minat belajar siswa selama mengikuti pembelajaran virtual dari rumah dengan media gadget merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan karena keterlibatan orangtua dalam pembelajaran sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa sehingga orangtua memegang peran sangat penting demi tercapainya sebuah tujuan pendidikan. Untuk mengetahui hal tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagaai berikut: 1) Bagaimana bentuk keterlibatan orang tua dalam pembelajaran virtual dari rumah (VDR) dengan media gadget pada siswa MIN 2 Blitar? 2) Bagaimana bentuk penerapan pembelajaran virtual dari rumah (VDR) dengan media gadget pada siswa MIN 2 Blitar? 3) Bagaimana dampak positif dan negatif penggunaan gadget dengan keterlibatan orang tua dalam pembelajaran virtual dari rumah (VDR) siswa MIN 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Sumber data dalam penelitian ini meliputi: 1) person (orang) yaitu, (a) kepala madrasah, (b) waka kurikulum, (c) guru, (d) siswa, dan (e) orang tua. 2) paper (kertas/dokumen) berupa dokumentasi foto-foto kegiatan pembelajaran. 3) place (tempat), yaitu di MIN 2 Blitar. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini juga dilakukan pengecekan keabsahan data dengan ketekunan atau keajegan pengamat, triangulasi meliputi sumber dan metode, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian yang didapatkan adalah: (1) Keterlibatan orangtua dalam pembelajaran virtual dari rumah selama pandemi bergantung pada pendampingan dan pengawasan orangtua, pengadaan gadget sebagai sarana belajar dirumah, memberikan perhatian dan motivasi belajar. (2) bentuk penerapan pembelajaran di MIN 2 Blitar mayoritas menggunakan gadget, sistem pembelajaran yang diterapkan menggunakan semi virtual, dalam pengaplikasiannya menggunakan google classroom, google formulir, dan whatsapp. (3) dampak positif penggunaan gadget yakni: a) pembelajaran tetapbisa berjalan, b) orangtua daapat memantau perkembangan anak, c) mempermudah komunikasi d) efisiensi waktu. Dampak negatif penggunaan gadget antaralain: a) pembelajaran tidak berjalan maksimal, b) menurunnya konsentrasi belajar, c) kecanduan gadget, d) radiasai yang ditimbulkan dari gadget.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173091 MIFTAHUL HUDA |
Date Deposited: | 09 Oct 2023 07:39 |
Last Modified: | 09 Oct 2023 07:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40881 |
Actions (login required)
View Item |