NAJMATUL ‘ULYA ALHANIN, 12205183012 (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN KE-NU-AN TERHADAP AMALIAH AHLUSSUNAH WAL JAMAAH DI MI ISLAM GADING DESA SELOPURO KECAMATAN SELOPURO KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (6MB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Ke-Nu-an Terhadap Amaliah Ahlussunah Wal Jamaah di MI Islam Gading Desa Selopuro Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar” ini ditulis oleh Najmatul Ulya Alhanin, NIM. 12205183016, pembimbing Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. Kata Kunci: Pembelajaran Ke-NU-an, Amaliah Ahlussunnah Wal Jama’ah Sesuai dengan teori behavorisme maka nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jama’ah yang telah dipelajari dan dipahami siswa dari pembelajaran ke-NU-an dapat diungkapkan kembali dengan mengamalkan Amaliah Ahlussunnah Wal Jama’ah dalam kehidupan sehari-hari secara jangka panjang. Sehingga pengaruh pembelajaran ke-NU-an untuk menanamkan nilai-nilai dasar Aswaja kepada peserta didik sebagai pedoman dan acuan dalam menjalankan ajaran Islam, meningkatkan pengetahuan dan keyakinan peserta didik terhadap paham Ahlussunnah Wal Jamaah. Sehingga nantinya juga dapat mereka amalkan ajaranajaran yang terkandung didalamnya, memperbaiki kesalahan dan juga kelemahan peserta didik dalam menjalankan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran ke-NU-an dalam penguatan amaliah Ahlussunnah Wal Jamaah siswa di MI Islam Gading Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar; 2) mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran ke-NU-an terhadap amaliah Ahlussunnah Wal Jamaah siswa di MI Islam Gading Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar; 3) mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran ke-NU-an terhadap amaliah Ahlussunnah Wal Jamaah siswa di MI Islam Gading Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan pendekatan kausalitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini sekligus merupakan keseluruhan populasi yaitu siswa kelas VI MI Islam Gading Selopuro yang berjumlah 38 siswa. Pengambilan sampel penelitian ini dengan teknik Purposive Sampling, yaitu dengan kriteria siswa kelas VI MI Islam Gading Selopuro yang telah menerima mata pelajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi sederhana dengan uji prasyarat uji normalitas dan uji heteroskedastisitas. Penghitungan uji prasyarat dan uji hipotesis dilakukan dengan bantuan SPSS 20.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran ke-NU-an di MI Islam Gading Selopuro termasuk dalam kategori cukup baik; 2) Pembelajaran ke-NU-an berpengaruh secara signifikan terhadap amaliah Ahlussunnah Wal Jama’ah siswa di MI Islam Gading Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar; 3) Pengaruh variabel pembelajaran ke-NU-an (X) secara simultan terhadap variabel amaliah Ahlussunnah Wal Jama’ah (Y) adalah sebesar 76% dan sisanya dipengaruhi oleh hal diluar pembelajaran ke-NU-an yaitu faktor internal minat siswa dan juga faktor eksternal berupa peran orang tua.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 122031853012 NAJMATUL 'ULYA AL HANIN |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 05:21 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 05:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40913 |
Actions (login required)
View Item |