PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK (Studi Kasus di MI Miftahul Huda Badas Kediri)

SHELYNA RIZKY NOVITASARI, 12205193039 (2023) PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK (Studi Kasus di MI Miftahul Huda Badas Kediri). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (892kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (571kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (589kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (968kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (459kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak (Studi Kasus di MI Miftahul Huda Badas Kediri)” ini ditulis oleh Shelyna Rizky Novitasari, NIM. 12205193039, pembimbing Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M. Pd. I. Kata Kunci: Peran Guru, Pemahaman Siswa, Potensi Siswa Skripsi ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang masih belum memahami isi materi pembelajaran yang dimaksud secara mendalam hanya sekedar mengetahui tanpa bisa menangkap makna dan arti dari yang dipelajari, Sedangkan dengan pemahaman, seseorang tidak hanya bisa menghafal isi pelajaran yang dipelajari, tetapi juga mempunyai kemampuan untuk menangkap makna dan mampu memahami konsep dari pelajaran tersebut. Maka peran guru disini membantu mengarahkan agar siswa memahami apa yang mereka pelajari, tahu kapan, di mana, dan bagaimana menggunakannya supaya siswa tahu dan mengerti tata cara berinteraksi dengan manusia (habluminannas) serta hubungan manusia dengan sang khalik (habluminallah), dengan ini diharapkan siswa tertanam keteladanan dan pembiasaan dalam mengamalkan akhlak terpuji dan adab islami melalui pemberian contoh-contoh perilaku dan cara mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu peran guru sangat penting untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi pelajaran. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Miftahul Huda Badas Kediri ?, (2) Bagaimana peran guru sebagai pembimbing dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Miftahul Huda Badas Kediri ?, (3) Bagaimana peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Miftahul Huda Badas Kediri ? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran guru sebagai pendidik memberi pengaruh yang positif untuk siswa dengan selalu mengarahkan dan mencontohkan perilaku baik, mengarahkan siswa pada materi pembelajaran, membantu siswa memahamkan isi materi pembelajaran dengan berbagai metode, mengembangkan materi pelajaran tidak hanya teori tetapi dibarengi contoh yang konkret, dituntut lebih peka dalam mengatasi setiap permasalahan dalam kelas, pemberian hukuman terhadap siswa bersifat hukuman mendidik bukan bersifat kekerasan, dan pemberian pujian terhadap siswa dilakukan dengan pemberian hadiah (reward) atau ungkapan pujian. (2) Peran guru sebagai pembimbing dapat menambah wawasan siswa dalam mengetahui potensi yang ada dalam dirinya dengan diperlukan guru yang kompeten di bidangnya untuk dapat menunjang potensi dan minat bakat siswa, usaha guru pada pengembangan potensi bakat minat siswa, dan membimbing atau membantu dalam melaksanakan aspek - aspek perkembangan siswa. (3) Peran guru sebagai motivator dapat meningkatkan prestasi belajar siswa melalui upaya bersifat terbuka dengan segala kondisi yang ada dalam kelas dengan selalu memberikan dorongan semangat dan memperhatikan gerak-gerik siswa, dan membuat penunjang motivasi belajar berupa pemberian kata positif, alat peraga, dan pemberian reward.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193039 SHELYNA RIZKY NOVITASARI
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:14
Last Modified: 16 Oct 2023 03:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40916

Actions (login required)

View Item View Item